Selasa 26 May 2015 13:27 WIB

Tolong Rohingya, Nelayan Aceh Beri Keteladanan Kemanusiaan

Rep: Dyah ratna meta novia/ Red: Winda Destiana Putri
Pengungsi Rohingya di dalam perahu.
Foto: AP Photo/Binsar Bakkara
Pengungsi Rohingya di dalam perahu.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Direktur Pusat Advokasi Hukum dan Hak Asasi Manusia (PAHAM) Aceh, Basri Efendi mengatakan, rakyat Aceh telah memberikan keteladanan yang baik soal kemanusiaan.

"Para nelayan yang telah menolong para pengungsi Rohingya. Mereka telah memberikan keteladanan mengenai arti kemanusiaan tanpa mengenal suku, agama, ras dan golongan," katanya, Senin, (25/5).

Mereka, ujar Basri, mau membantu etnis Rohingya yang ada di tengah laut. "Kami dari aliansi lintas organisasi di Aceh memberikan penghargaan kepada mereka," ujarnya.

Menurut Basri, ia beserta Aliansi Masyarakat Aceh Peduli Rohingya (AMAPR) sengaja mengajak Mensos dan Wakil Ketua DPR untuk memberikan penghargaan sebagai bentuk apresiasi negara kepada para nelayan Aceh. Dengan penghargaan diharapkan akan semakin menumbuhkan rasa solidaritas kemanusiaan di Indonesia.

Lebih lanjut, Basri Efendi menjelaskan, Rohingya adalah persoalan regional di Asia Tenggara. Resolusi ini juga digalang melalui forum Sout East Asia Humanitarian (SEAHUM).

"Untuk tingkat regional, rekan-rekan di PAHAM Indonesia sudah menggalang aliansi kemanusiaan melalui SEAHUM."

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement