Sabtu 23 May 2015 17:00 WIB

Agam Vaksinasi Rabies 1.499 Hewan Peliharaan

Anjing, salah satu hewan peliharaan penular rabies, selain kucing dan kera
Foto: Fatiha Hansa Aulia
Anjing, salah satu hewan peliharaan penular rabies, selain kucing dan kera

REPUBLIKA.CO.ID, LUBUK BASUNG -- Pemerintah Kabupaten Agam, Sumatra Barat melakukan vaksinasi rabies untuk 1.499 hewan peliharaan, seperti kera, kucing dan anjing pada Januari sampai 20 Mei 2015.

Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan Holtikultura dan Peternakan Agam, Afdhal didampingi Kepala Bidang (Kabid) Kesehatan Hewan dan Kesehatan Masyarakat Farid Muslim di Lubuk Basung mengatakan, hewan peliharaan itu tersebar di Kecamatan Malalak sebanyak 359 ekor dan Tanjung Raya 300 ekor.

Di Kecamatan Ampek Koto sebanyak 93 ekor, Matur 184 ekor, Lubuk Basung 300 ekor dan Palembayan 263 ekor.

"Ini merupakan data sementara karena masih ada Unit Pelayanan Teknis (UPT) Peternakan belum mengirimkan data," katanya, Sabtu (23/5).

Pemberian vaksin ini dilakukan petugas kesehatan hewan yang berada pada delapan UPT peternakan kecamatan. Ia menambahkan, Dispertahornak Agam pada 2015 menganggarkan pengadaan vaksin sebanyak 2.000 dosis melalui Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD).

"Kami juga mendapatkan bantuan 5.000 dosis dari Dinas Peternakan Provinsi Sumbar. Saat ini vaksin itu baru diterima sebanyak 2.000 dosis," katanya.

Pihaknya mengimbau masyarakat meningkatkan kewaspadaan terhadap gigitan anjing, baik anjing liar maupun anjing peliharaan. "Bila ada di antara warga yang digigit anjing, kami minta agar anjingnya ditangkap dan diserahkan pada pihak terkait untuk diteliti," katanya.

sumber : antara

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement