Selasa 19 May 2015 12:50 WIB

Ahok Tingkatkan Pasokan Air Bersih dengan MBBR

Rep: c 11/ Red: Indah Wulandari
Warga mengisi jerigen nya dengan air bersih di Muara Baru, Jakarta utara, Kamis (12/2).
Foto: Republika/Raisan Al Farisi
Warga mengisi jerigen nya dengan air bersih di Muara Baru, Jakarta utara, Kamis (12/2).

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama meresmikan pengoperasian teknologi baru Moving Bed Bio-film Reactor (MBBR) yang pertama diterapkan di sektor air minum Indonesia dengan memanfaatkan sumber air Kanal Banjir Barat (KBB), Selasa (19/5).

"MBBR akan menambah bahan baku teknologi dikerjakan. Selama dua tahun ini dikerjakan, kami sebagai pemerintah sangat menghargai investasi," ujar Ahok sapaan akrab Basuki di Jakarta, Selasa (19/5).

Teknologi tersebut dimiliki salah satu operator air bersih Jakarta PT PAM Lyonnaise Jaya (PALYJA). Perusahaan minum ini menjadi operator penyediaan dan pelayanan air bersih untuk wilayah barat DKI Jakarta.

Teknologi terbaru MBBR digunakan untuk meningkatkan pasokan air kepada 150 ribu masyarakat di bagian barat. Ke depan PALYJA ingin mencapai 95% cakupan pelayanan pada 2020.

Adapun MBBR menjadi teknologi baru yang pertama diterapkan di sektor air minum Indonesia, bahkan setingkat Asia. Dalam acara peresmian Ahok juga melakukan penandatanganan prasasti sebagai tanda dimulainya pengoperasian mesin.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement