Selasa 19 May 2015 03:30 WIB

JK: Bandara Harus Modern dan Simpel

Wapres Jusuf Kalla. (ANTARA FOTO/Yudhi Mahatma)
Foto: ANTARA FOTO/Yudhi Mahatma
Wapres Jusuf Kalla. (ANTARA FOTO/Yudhi Mahatma)

REPUBLIKA.CO.ID, BANJAR -- Wakil Presiden M Jusuf Kalla mengatakan pembangunan bandar udara sebagai sarana transportasi udara, harus modern dan simpel sehingga bisa memberikan kenyamanan.

"Bandara dibangun dengan konsep modern, tetapi juga simpel dan mampu memberikan kenyamanan dan keamanan bagi pengguna jasa," ujar dia di Banjarbaru, Kalsel, Senin (18/5).

Pesan itu disampaikan wapres pada "groundbreaking" atau peletakan batu pertama pengembangan Bandar Udara Internasional Syamsudin Noor Banjarmasin. Menurut dia, pembangunan sebuah bandara yang mengedepankan unsur arsitektur budaya lokal penting, tetapi bisa menjadi tidak efisien bahkan terkesan dipaksakan.

"Seperti pembangunan Bandara Soekarno Hatta yang tidak efisien dan terkesan dipaksakan sehingga tidak memberikan kenyamanan bagi setiap pengguna jasa," sebutnya.

Dijelaskan, bandara memiliki dua fungsi yang berbeda antara orang yang datang dan ingin cepat-cepat keluar sehingga harus dilengkapi fasilitas yang baik dan lengkap. Disisi lain, bagi calon penumpang yang menunggu penerbangan maka fungsinya sebagai tempat menunggu sehingga harus dilengkapi fasilitas yang tidak membosankan.

"Makanya, bandara di negara lain, dilengkapi fasilitas modern termasuk mal dan supermarket yang bertujuan menghilangkan kebosanan bagi calon penumpang," ujarnya.

Ditekankan, prinsip pelayanan yang harus dipenuhi penyedia jasa bandara yakni kenyamanan dan keamanan karena jika tidak aman maka akan menjadi isu internasional. "Kenyamanan dan keamanan sangat penting karena kecelakaan pesawat bukan hanya menjadi berita nasional tetapi internasional sehingga keduanya harus diutamakan," ujar dia.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement