Senin 18 May 2015 09:48 WIB
Penelantaran anak

Lima Anak yang Ditelantarkan Harus Ditangani Keluarga dan Aparat

KPAI
Foto: dok KPAI
KPAI

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Kasus penelantaran lima orang anak di Cibubur, Jakarta Timur harus segera ditangani bersama oleh sejumlah pihak terkait agar tak menimbulkan trauma berkepanjangan bagi si anak.

 

“Sebaiknya aparat pemerintah juga melibatkan keluarga besar yang bersangkutan. Misalnya, nenek atau keluarga dekat lainnya dengan dipastikan keamanan dan kenyamanan anak-anak itu dengan tetap dalam pengawasan pihak yang berwenang. Jangan sampai situasi yang terjadi saat ini justru menambah beban psikologis terhadap anak-anak,” papar Anggota Komisi X DPR RI  Reni Marlinawati, Senin (18/5).

Anggota Fraksi PPP ini pun salut dengan kerjasama antara masyarakat dan negara melalui Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) dan Polri menguak kasus ini. Pola kerjasama yang bagus antara masyarakat dan aparat negara, imbuhnya, memang dibutuhkan.

 “Rupanya, sikap gotong royong sebagai ciri khas masyarakat Indonesia masih ada di tengah-tengah kita, ini patut disyukuri,” jelas Reni.

Pengungkapan kasus tersebut, menurutnya, harus ditindaklanjuti dengan penegakan hukum yang seadil-adilnya  terhadap kedua orang tua yang terindikasikan melakukan kekerasan dalam rumah tangga (KDRT).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement