Ahad 17 May 2015 00:13 WIB

Akan Jadi Tujuan Wisata, Kawasan Mendeh Punya Pekerjaan Rumah

Rep: umi nur fadhilah/ Red: Esthi Maharani
Jam Gadang, salah satu icon Kota Bukittinggi, Sumatera Barat.
Foto: ilham0191.wordpress.com
Jam Gadang, salah satu icon Kota Bukittinggi, Sumatera Barat.

REPUBLIKA.CO.ID, PESISIR SELATAN -- Pemerintah berencana menjadikan kawasan Mandeh yang terletak di Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatra Barat (Sumbar) menjadi salah satu tujuan pariwisata laut di Indonesia bagian barat. Menteri PPN /Kepala Bappenas Andrinof Chaniago berharap, kawasan Mandeh nantinya menjadi daerah wisata yang minim akan aksi premanisme.

"Kita jadikan kawasan Mandeh ini zero premanisme," kata dia saat menghadiri acara Mandeh Joy Sailing 2015 dan Festival Mandeh, Sabtu (16/5).

Namun, menurutnya masih banyak hal yang perlu dikemas untuk mewujudkan impian tersebut. Salah satunya membangun sikap mentalitas dan kemampuan masyarakat sekitar.

"Permintaan khusus juga bagi para datuk, ulama, tokoh masyarakat, pendidik, supaya bersama-sama menjaga penghalang itu (premanisme)," tuturnya.

Andrinof secara khusus meminta kepada aparat keamanan setempat, untuk tidak membiarkan bibit premanisme berkembang di kawasan Mandeh.

Sebab, ia menuturkan, salah satu penyebab gagalnya destinasi wisata berkembang, karena gagal membangun mental masyarakat.

"Penghalangnya (membangun destinasi wisata) bukan cuma kurang infrastruktur, tapi bagaimana kita kurang menyiapkan masyarakatnya," ungkapnya menambahkan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement