Rabu 13 May 2015 18:48 WIB

Polri Kirim Dua Personel DVI ke Nepal

Gempa di Nepal
Foto: IBTimes
Gempa di Nepal

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Mabes Polri akan mengirim dua personel Disaster Victim Identification (DVI) ke Nepal untuk membantu identifikasi korban tewas akibat bencana gempa bumi di negara tersebut.

"Mabes hari ini akan mengirimkan tim DVI Polri di bawah koordinasi Kemlu untuk bergabung dengan tim lain di Nepal. Mereka akan mengidentifikasi korban tewas dan mencari WNI hilang di Nepal," kata Divhubinter Kombes Krisna Murti, di Mabes Polri, Rabu (13/5).

Dua personel tersebut yakni Kompol Eko Yunianto dan Kompol M. Faizal. Keduanya merupakan dokter spesialis forensik, dimana Eko merupakan anggota Biddokes Polda Sulsel, sementara Faizal dari Biddokes Kepulauan Riau.

Baik Eko dan Faizal diketahui memiliki kemampuan dalam bidang identifikasi forensik. Identifikasi itu bisa didapat dari data primer berupa sidik jari, data gigi dan DNA. Selain dari data primer, identifikasi juga bisa didapat dari data sekunder yang berupa ciri-ciri medis dan pencocokan property yang melekat di tubuh.

Tim tersebut nantinya akan bergabung dengan tim pemerintah RI yang telah berada di Nepal lebih dulu dan tim Forensik Internasional untuk mengidentifikasi jenazah-jenazah yang belum dapat dikenali di beberapa RS di Nepal.

Tim ini akan berupaya menemukan tiga WNI yang masih hilang yakni Alma Parahita, Kadek Andana dan Jeroen Hehuwat. Ketiganya diketahui melakukan pendakian di Mount Everest pada saat bencana terjadi.

"Tim DVI dibekali data antemortem milik tiga WNI yang masih hilang," katanya.

Data tersebut berupa data medis, data property seperti pakaian yang dikenakan saat pendakian, data gigi dan data profil DNA ketiga WNI.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement