Rabu 13 May 2015 13:36 WIB

SBY Butuh Sekjen Energik dan Bersemangat Juang Tinggi

Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono.
Foto: Antara/Zabur Karuru
Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono.

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono dinilai membutuhkan figur Sekjen yang energik atau lincah. Hal itu karena tantangan Partai Demokrat ke depan akan semakin berat, sehingga sosok Sekjen yang energik dan memiliki semangat juang tinggi, sangat diperlukan.

"Ya mau tidak mau kita harus menyesuaikan dengan perkembangan dinamika di lapangan. Yang pasti semangat dan energik itu penting dimiliki oleh sekjen Partai Demokrat ke depannya," kata Ketua DPP Partai Demokrat Daday Hudaya di Surabaya, Rabu (13/5).

Ia melanjutkan, dengan jiwa yang energik dari seorang sekjen, Daday yakin kerja-kerja politik partai akan maksimal. Sebab dengan sikap energik seorang sekjen akan sangat membantu ketua umum dalam menggerakkan roda organisasi hingga tingkat paling bawah.

"Kalau sekjennya energik, maka sinergi dengan ketum semakin efektif dan maksimal. Sehingga tugas ketum untuk turun hingga tingkat paling bawah bisa ditopang oleh sekjen," ujarnya.

Daday menjelaskan, SBY sebagai ketum tidak mungkin bisa keliling seluruh Indonesia lagi untuk menyambangi para pengurus dan kader di daerah. Untuk itu dibutuhkan sekjen yang bisa mewakili dan merepresentasikan ketua umum yang memiliki kesamaan pandangan dan energi untuk berkeliling seluruh Indonesia guna melakukan konsolidasi.

Menurut Daday, dulu SBY sebagai presiden dengan segala fasilitas yang melekat padanya tidak bisa menyambangi semua pengurus PD di daerah untuk konsolidasi.

"Apalagi sekarang SBY sudah tidak lagi menjadi presiden dan segala fasilitas yang melekat padanya ketika menjadi presiden sudah ditarik, maka dia perlu orang yang bisa mewakili untuk hadir ke daerah-daerah, bahkan yang terpencil sekalipun," katanya lagi.

Selain itu, Daday juga mengatakan figur sekjen Partai Demokrat harus bisa diterima oleh semua pihak. Dengan demikian Daday yakin keberadaan sekjen akan menjadikan kelompok-kelompok internal yang ada selama ini bersatu .

"Juga sekjen itu harus figur yang mampu menjadi perekat maupun pemersatu satu dengan yang lainnya," ucapnya.

Menurutnya, dengan kapasitas sekjen Partai Demokrat seperti itu tentu akan sangat memudahkan ketua umum melakukan hal lebih besar lainnya. Sebab, tidak bisa dipungkiri sejak menyelesaikan tugas sebagai Presiden RI ke-6 SBY sangat dibutuhkan oleh republik ini dan bangsa-bangsa lainnya.

"Pak SBY itu sudah menjadi bapak bangsa. Kenegarawanannya sudah sangat mumpuni. Tidak hanya itu, negara-negara besar lainnya juga sangat membutuhkan ide-ide cemerlang yang melekat pada diri beliau. Jadi kalau sekjennya energik, Pak SBY akan bisa lebih berguna bagi semua pihak," tandasnya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement