Rabu 13 May 2015 13:45 WIB

Bus Wisata Segera Beroperasi di Bogor

 Penumpang menaiki bus wisata saat uji coba dan sosialisasi kepada penumpang di Jakarta, Jumat (21/2). ( Republika/Yasin Habibi)
Penumpang menaiki bus wisata saat uji coba dan sosialisasi kepada penumpang di Jakarta, Jumat (21/2). ( Republika/Yasin Habibi)

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor, Jawa Barat, akan meluncurkan dan mengoperasikan bus wisata bertingkat yang akan mengajak masyarakat berkeliling kawasan budaya di kota tersebut saat Peringatan Hari Jadi Bogor ke-533 pada 3 Juni 2015.

"Untuk tahap awal bus yang akan disiapkan dua unit, saat ini bus masih dipasang karoserinya untuk persiapan," kata Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Bogor, Suharto di Bogor, Rabu (13/5).

Bus wisata bertingkat yang akan mengajak masyarakat berkeliling kawasan heritage Kota Bogor itu diberi nama "Botram".

Suharto mengatakan persiapan peluncuran Bus Wisata Botram terus dilakukan. Panitia juga menyiapkan teknis operasional bus termasuk rute-rute yang akan dilalui bus yang memiliki kapasitas 15 sampai 20 penumpang. "Sesuai dengan rapat bersama yang digelar, GOR Pajajaran akan menjadi pool bus wisata ini," katanya.

Menurut Suharto, pemilihan GOR Pajajaran sebagai pool keberangkatan Botram karena pertimbangan bisa mengakomodasi minat masyarakat yang ingin mencoba bus tersebut pada saat peluncuran. "Ini merupakan sesuatu yang baru, pasti peminatnya banyak. Jadi GOR menjadi alternatif awal," katanya.

Ia menjelaskan bus akan diberangkatkan dari GOR Pajajaran, para pengunjung yang ingin menikmatinya bisa langsung memarkirkan kendaraan di kawasan tersebut karena memiliki kawasan parkir yang luas.

Botram akan beroperasi melintasi rute-rute kawasan Heritage atau Kota Tua di Bogor seperti Jalan Sudirman Taman Air Mancur, menuju Istana Bogor jalan Juanda, lalu ke Jalan Surya Kencana, dan mengelilingi Kebun Raya di Jalan Pajajaran.

"Akan ada petugas pemandu yang akan memberikan keterangan terkait kawasan heritage yang ada di Kota Bogor," katanya.

Suharto menyebutkan untuk tahap awal operasional Bus Wisata Botram masih digratiskan. Ke depan akan dikenakan ongkos mengingat operasional bus memerlukan biaya perawatan.

"Berapa biaya operasionalnya belum kita tetapkan, masih dikaji. Yang terpenting tahap awal ini akan menjadi kado bagi warga Bogor," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement