Selasa 12 May 2015 17:50 WIB

Gubernur Minta Dana Rp 1 Triliun, Ini Reaksi Pemerintah

Rep: Satria Kartika Yudha/ Red: Ilham
 Menteri Koordinator bidang Perekonomian Sofyan Djalil.
Foto: Republika/Agung Supriyanto
Menteri Koordinator bidang Perekonomian Sofyan Djalil.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Permintaan para gubernur yang menginginkan tambahan dana Rp 1 triliun untuk setiap provinsi belum diseriusi pemerintah pusat. Menteri Koordinator Perekonomian, Sofyan Djalil menanggapi santai permintaan para gubernur yang tergabung dalam Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI).

"Yang namanya meminta kan boleh-boleh saja. Tapi lihat APBN-nya dong (Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara)," kata Sofyan di kantornya, Selasa (12/5).

Menteri Keuangan, Bambang Brodjonegoro bereaksi serupa. "Ya, minta kesana (Jokowi) saja," kata Bambang yang tidak menuntaskan jawabannya.

Sementara itu, Direktur Dana Perimbangan Kementerian Keuangan, Rukijo mengatakan dirinya sama sekali belum mengetahui usulan dari asosiasi gubernur tersebut. Karena itu, Rukijo menolak memberikan komentar.

Diberitakan sebelumnya, para gubernur se-Indonesia yang tergabung dalam Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI) kompak meminta dana tambahan sebesar Rp 1 triliun untuk diberikan di setiap provinsi.

Ketua Umum APPSI sekaligus Gubernur Sulawesi Selatan, Syahrul Yasin Limpo menjelaskan, permintaan para pimpinan provinsi ini merupakan hasil dari Rapat Kerja Nasional yang diadakan beberapa waktu lalu. Dana itu sebagai solusi pengembangan ketahanan pangan dan infrastruktur.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement