Jumat 08 May 2015 21:17 WIB

PMI Kota Bandung Siap 'Jemput Bola' Saat Ramadhan

Rep: c01/ Red: Hazliansyah
 Petugas Palang Merah Indonesia (PMI) menyusun kantong darah di ruangan pendingin kantor PMI, Jakarta Pusat (4/2). (Republika/Raisan Al Farisi)
Foto: Republika/Raisan Al Farisi
Petugas Palang Merah Indonesia (PMI) menyusun kantong darah di ruangan pendingin kantor PMI, Jakarta Pusat (4/2). (Republika/Raisan Al Farisi)

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Bandung selalu dapat memenuhi kebutuhan labu darah karena animo maysarakat yang tinggi dalam mendonorkan darah. Akan tetapi, pada saat Ramadhan, jumlah pendonor biasanya mengalami penurunan.

Untuk menyiasati penurunan jumlah pendonor darah dan menjaga stok darah tercukupi pada saat bulan suci Ramadhan, PMI Kota Bandung telah menyiapkan strategi "jemput bola".

Pada bulan Ramadhan, PMI Kota Bandung akan mengerahkan mobil unitnya untuk menjangkau langsung pendonor darah. Mobil unit ini berfungsi sebagai tempat donor darah yang mobile bagi para warga.

"Kita punya tujuh unit mobil, tujuh tim," ujar Kepala PMI Kota Bandung Ade Koesyanto saat ditemui di kantornya, Jumat (8/5).

Mobil unit ini, lanjut Ade, akan mendatangi sejumlah masjid selama Ramadhan untuk melayani donor darah. Mobil-mobil unit tersebut akan beroperasi setelah usai pelaksanaan shalat tarawih.

Ade menyatakan, tinghinya animo masyarakat Kota Bandung untuk berdonor darah membuat masjid-masjid yang ingin didatangi harus melakukan konfirmasi dua bulan sebelumnya.

"Mobil unit bisa didatangi jika pendonor di atas 50 peserta," lanjutnya.

Selain mengoperasikan mobil unit setelah tarawih, PMI Kota Bandung juga memperpanjang layanan donor darah di kantornya. Selama Bulan Ramadhan, layanan donor darah PMI Kota Bandung juga akan dibuka selama 24 jam di gedung PMI yang terletak dekat dengan Stadion Siliwangi. Dengan begitu, para pendonor Muslim yang enggan mendonorkan darah saat berpuasa bisa mendatangi kantor PMI Kota Bandung dan mendonorkan darahnya setelah berbuka puasa.

Wakil Sekretaris PMI Kota Bandung Ace Kusnadi menyatakan dalam sehari kebutuhan labu darah yang dibutuhkan Kota Bandung berkisar 500-an labu. Dalam sehari, rata-rata pendonor darah yang mendatangi PMI Kota Bandung sekitar HYPERLINK "tel:100150"100-150 pendonor. Untuk menambah kuota labu darah, PMI mengoptimalkan tujuh mobil unitnya.

Saat ini persediaan kantung darah yang dimiliki oleh PMI Kota Bandung berjumlah 4.600 labu. Persediaan ini, lanjut Ac, lebih banyak didominasi oleh golongan darah O.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement