Kamis 07 May 2015 16:49 WIB

Siap-Siap, PT KAI Jual Tiket Lebaran Tambahan

Rep: lilis sri handayani/ Red: Agus Yulianto
 Warga mengantre untuk membeli tiket perjalanan kereta api Lebaran 2013 di loket Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Rabu (8/5).   (Republika/Aditya Pradana Putra)
Warga mengantre untuk membeli tiket perjalanan kereta api Lebaran 2013 di loket Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Rabu (8/5). (Republika/Aditya Pradana Putra)

REPUBLIKA.CO.ID, CIREBON -- Kabar gembira bagi para calon penumpang kereta api (KA) yang belum kebagian tiket mudik Lebaran. Pasalnya, PT Kereta Api Indonesia (KAI) akan segera menjual tiket tambahan untuk KA Lebaran.

“(Tiket KA Lebaran tambahan) mulai dijual H-60 Lebaran, atau sekitar 17-18 Mei,” ujar Manajer Humas PT KAI Daop 3 Cirebon, Supriyanto, kepada Republika, Kamis (7/5).

Supriyanto mengatakan, KA tambahan yang akan disediakan untuk lebaran mendatang mencapai 15 perjalanan KA per hari se-Jawa dan Sumatera. Nantinya, 15 KA tambahan itu akan melayani perjalanan untuk pulang-pergi (PP). Dengan demikian, akan ada tambahan 30 perjalanan KA tambahan Lebaran per hari.

Supriyanto menjelaskan, KA tambahan itu rencananya akan dioperasikan selama 16 hari mulai H-7 sampai H+7 Lebaran, atau 10 - 28 Juli 2015. Namun, untuk kelas dan relasi KA-nya, hingga kini belum dirilis.

Seperti diberitakan, tiket KA untuk masa angkutan lebaran yang mulai dijual sejak 8 April 2015 sudah habis terjual. Habisnya tiket tersebut berlaku untuk semua KA dari Jakarta ke arah timur. Hal itupun terjadi pada semua kelas KA, baik eksekutif maupun ekonomi.

Tiket itu dapat dipesan di antaranya melalui berbagai channel seperti contact center 121, situs KAI, aplikasi KAI access pada ponsel, minimarket, kantor pos, pegadaian dan agen resmi tiket KA. Dengan demikian, calon penumpang tidak perlu repot untuk antre di loket stasiun.

Ketika disinggung mengenai jumlah KA yang akan melintasi Cirebon selama masa angkutan lebaran, Supriyanto menyebutkan, ada 104 KA reguler yang melintas setiap hari. Namun, jumlah itu belum ditambah dengan KA tambahan yang rencananya juga akan dioperasikan.

Salah seorang warga Kota Cirebon yang tinggal di Jakarta Timur, Lilian, mengaku, sangat senang dengan adanya tiket KA tambahan. Pasalnya, dia tak kebagian tiket lebaran reguler yang dijual pada April lalu. :Waktu itu tak kebagian, tiketnya keburu habis,” keluhnya.

Hal senada diungkapkan seorang warga asal Jakarta Selatan, Darmansyah. Pria yang berencana mudik ke Brebes itu bertekad akan secepatnya membeli tiket KA tambahan. “Jangan sampai kehabisan tiket lagi,” kata dia.

Darmansyah mengaku, baru kali ini berencana mudik lebaran menggunakan KA. Sebelumnya, dia dan istrinya selalu mudik menggunakan bus. Kata dia, mudik menggunakan KA lebih menguntungkan karena bebas dari kemacetan. Selain itu, waktu keberangkatan dan kedatangannya pun sudah dipastikan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement