Senin 04 May 2015 08:33 WIB

Rumah Pintar At-Tin Dorong Anak Rajin Membaca

Red: M Akbar
Rumah Pintar
Foto: niningsriastuti.wordpress.com
Rumah Pintar

REPUBLIKA.CO.ID, BARABAI -- Rumah pintar At-Tin di Kabupaten Hulu Sungai Tengah Provinsi Kalimanan Selatan terus berupaya merangsang anak-anak di daerah tersebut agar rajin membaca, melalui penyediaan buku-buku yang cukup menarik.

Pegiat dan Penanggungjawab Rumah Pintar At-Tin Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Tintainah Harun Nurasid, di Barabai, Senin, mengatakan, anak-anak perlu diarahkan agar gemar membaca sejak dini, antara lain dengan memberikan buku bacaan yang menarik dan sesuai dengan usianya.

Menurut dia, saat ini minat bacara anak-anak di daerahnya masih minim dan hal tersebut sangat memprihatinkan, sehingga dengan adanya rumah pintar yang menyajikan buku bacaan menarik, diyakini dapat merangsang minat baca anak.

Pihaknya melalui Rumah Pintar At-Tin ini berupaya mengembangkan minat baca masyarakat khususnya generasi muda. "Rumah pintar terbentuk dalam pendidikan lintas masyarakat untuk segala usia," ujar istri orang nomor satu di Bumi Murakata ini.

Ketua pengelola Rumpin At-Tin Gusti Rohani, mengatakan masih minim minat baca bagi anak-anak menjadi sebuah masalah yang serius, apalagi kini pemerintah daerah setempat giat melakukan pemberantasan buta aksara.

"Masih kurang pengunjung perpustakaan daerah membuktikan masih minim minat membaca warga di sini," katanya pula.

Kehadiran rumah pintar di masyarakat, kata dia lagi, dapat mengangkat kembali budaya membaca sebagai bagian dari kehidupan masyarakat Indonesia khususnya di Hulu Sungai Tengah.

Peran serta pemerintah dalam mendirikan rumah pintar, akan menciptakan masyarakat yang memiliki pengetahuan dan wawasan yang lebih muas, sehingga akan didorong lebih maju.

"Perpustakaan yang dikelola dengan baik mampu menarik minat baca, sehingga tercipta masyarakat gemar membaca. Bagi generasi muda, hal ini diharapkan berdampak positif terhadap pendidikan mereka," kata dia.

Apalagi, ujarnya pula, perpustakaan merupakan bagian dari gudang informasi dan ilmu pengetahuan yang akan sangat bermanfaat bagi peningkatan sumber daya manusia daerah ini.

Selain itu, Rumah Pintar At-Tin juga menyediakan beberapa fasilitas belajar dan bermain, seperti sentra permainan, sentra buku, komputer, audio visual, dan kreasi. ''Semua fasilitas kami sediakan untuk meningkatkan minat belajar anak dan masyarakat di sini,'' ujar dia lagi.

sumber : antara

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement