Senin 04 May 2015 01:10 WIB
Ujian Nasional 2015

Disdikbud Sumbar Jamin tak Ada Kebocoran Soal UN SMP

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Yudha Manggala P Putra
Petugas mengelompokkan sampul dan naskah Ujian Nasional.  (ilustrasi)
Foto: Republika/Wihdan
Petugas mengelompokkan sampul dan naskah Ujian Nasional. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG -- Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sumatra Barat (Disdikbud Sumbar) menjamin tak akan ada kebocoran soal ujian nasional (UN) untuk tingkat SMP sederajad di Sumatra Barat.

Kepala Disdikbud Sumbar, Syamsulrizal menuturkan perusahaan daerah (Perusda) selaku pencetak naskah UN, PT Grafika Jaya diyakini, bisa menjamin kerahasiaan soal.

"Tidak akan terjadi kebocoran soal, saya bisa jamin itu. Yang ada kemarin (beredarnya dugaan lembar jawab soal UN SMA), hanya permainan beberapa oknum yang tentunya merugikan siswa,” kata dia di Padang, Sumatra Barat, Ahad (3/5).

Symsurizal berpesan, jangan sampai para siswa termakan rayuan kunci jawaban maupun contekan. Sebab, menurut dia, justru siswa sendiri yang akan merugikan.

Ia meminta para siswa untuk yakin kepada diri sendiri dalam menjawab soal UN. "Berdoa dan minta restu kedua orang tua. Tentunya akan memudahkan dalam menjawab soal-soal yang diberikan,” ujarnya.

 

Sebelumnya, sebanyak 5.732 koli naskah soal Ujian Nasional (UN) untuk Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan sederajat di kabupaten telah didistribusikan pada Jumat (1/5). Sementara pendistribusian soal UN untuk Kota, dilakukan pada Sabtu (2/5). Sebanyak 91.669 siswa SMP sederajat di 19 kabupaten/kota se-Sumbar akan melangsungkan Ujian Nasional (UN).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement