Sabtu 02 May 2015 01:52 WIB

Landasan Pacu Bandara Batam Diperluas

Bandara Hang Nadim Batam
Foto: airports-worldwide.com
Bandara Hang Nadim Batam

REPUBLIKA.CO.ID, BATAM -- Badan Pengusahaan Batam merencanakan pembangunan Terminal II Bandara Internasional Hang Nadim Batam dengan landasan pacu dan apron lebih luas untuk menampung pesawat Airbus A380-900 yang berkapasitas maksimal 1.000 penumpang.

"Nantinya landasan pacu akan lebih lebar dan apron lebih luas. sehingga mampu menampung A380. Landasan pacu yang ada saat ini juga sudah bisa didarati pesawat jenis itu, namun belum ideal," kata Staf Direktorat Perencanaan Pembangunan Badan Pengusahaan (BP) Batam Benny Syahroni, Jumat (1/5).

Bandara Internasional Hang Nadim Batam saat ini memiliki landasan pacu 4,025 kilometer dengan lebar 45 meter. Apron bandara tersebut juga dibangun cukup luas dan mampu menampung jenis Boeing 767.

Saat ini, luas Apron Bandara Internasional Hang Nadim Batam mencapai 165 ribu meter persegi dan mampu menampung 18 pesawat berbadan lebar seperti Boeing 767.

"Idealnya landasan pacu untuk A380 lebih lebar dan apronnya ditambah 40 meter lagi. Lebar landasan pacu minimal 60 meter. Jadi itu yang akan dibangun pada terminal dua," kata dia.

Meski belum cukup ideal, namun beberapa pesawat A380 tujuan Singapura pernah dialihkan dan mendarat di Bandara Internasional Hang Nadim Batam.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement