Jumat 01 May 2015 18:27 WIB

Buruh Berencana Bikin Parpol

Rep: c11/ Red: Angga Indrawan
Buruh dari berbagai aliansi melakukanshalat Jumat saat
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Buruh dari berbagai aliansi melakukanshalat Jumat saat "long march" menuju Istana Merekda saat memperingati Hari Buruh Sedunia di Bundaran HI, Jakarta, Jumat (1/5).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sejumlah buruh yang tergabung dalam berbagai perserikatan berencana untuk membuat partai politik (parpol). Nantinya parpol akan terdiri dari para buruh yang ingin memperjuangkan aspirasinya.

"Kita sepakat membangun partai kaum buruh dan rakyat tanpa elite politik borjuasi yang berkuasa hari ini," ujar Ketua Sentral Gerakan Buruh Nasional (SGBN), Ahmad Saripudin, di Jakarta, Jumat (1/5).

Taka hanya SGBN, para buruh yang tergabung dalam Kongres Aliansi Serikat Buruh Indonesia (KASBI) juga menyatakan diri akan membentuk parpol. KASBI menyatakan hal tersebut saat orasi di depan Istana Negara.

"Bisa saja diluaskan (parpol), prinsipnya yang bersepakat membangun partai kelas buruh tanpa elite politik. Mengenai pembangunan partai kelas buruh sedang dalam proses konsolidasi," ujar Ahmad.

Buruh menyatakan akan membangun parpol, sebab kelas pengusaha saat ini telah memiliki alat politiknya yakni parpol. Para parpol yang ada bertarung untuk memperebutkan kursi di parlemen, dengan begitu penguasa dapat membuat undang-undang dan berbagai kebijakan peraturan yang menguntungkan kepentingannya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement