Kamis 30 Apr 2015 16:00 WIB

PMI Berangkatkan Tim Spesialis Air ke Nepal

Rep: C85/ Red: Ilham
Menlu Retno Marsudi menyalami personel Tim Kemanusiaan dan Evakuasi Gempa Nepal di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Rabu (29/4).
Menlu Retno Marsudi menyalami personel Tim Kemanusiaan dan Evakuasi Gempa Nepal di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Rabu (29/4).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Setelah mengirimkan personil ahli bedah dan barang bantuan 500 terpal yang tergabung dalam tim kemanusiaan pemerintah ke Nepal, PMI kembali memberangkatkan tenaga ahli untuk membantu korban gempa Nepal. Kali ini seorang spesialisasi Air dan Sanitasi (Water and sanitation) akan menuju Nepal pada Jumat (1/5) melalui jalur Jakarta-Kuala Lumpur-Kathmandu.

“Bencana apapun, air menjadi kebutuhan utama. Untuk itu kami mengirimkan personil kami yang telah berpengalaman dalam pengelolaan air dan sanitasi untuk bergabung bersama Tim RDRT IFRC," kata Kepala Divisi Penanganan Bencana Markas Pusat PMI, Arifin Muhammad Hadi.

Tim ini akan bergabung bersama Tim Respon Bencana Regional (Regional Disaster Response Team/RDRT) Federasi Palang Merah dan Bulan Sabit Merah Internasional (IFRC) Zona Asia-Pasifik untuk bertugas selama kurang lebih 1 bulan. Spesialis air ini akan berbaur dengan personil air dari Palang Merah Filipina dan Palang Merah Thailand.

"Kebutuhan air dan sanitasi memang menjadi salah satu prioritas bantuan Palang Merah selain makanan dan shelter,” katanya.

Selama di Nepal, tim akan bertugas mengoperasikan peralatan air dan sanitasi, yaitu pengolahan air, termasuk penjernih air.  Mereka juga akan melakukan asesmen dan pendataan kebutuhan air di masyarakat, mencari sumber air, kebutuhan sanitasi, dan melakukan promosi hygiene. Dalam bekerja, tim akan berkoordinasi dengan pihak Pemerintah Nepal dan IFRC.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement