Kamis 30 Apr 2015 13:16 WIB

Jelang Hari Buruh, Polda Banten Gelar Apel Pasukan

Rep: C81/ Red: Ani Nursalikah
Workers gather to hold May Day in Senayan, Jakarta (illustration)
Foto: Antara/Puspa Perwitasari
Workers gather to hold May Day in Senayan, Jakarta (illustration)

REPUBLIKA.CO.ID, SERANG -- Menjelang peringatan Hari Buruh Internasional (May Day) 1 Mei. Jajaran Kepolisian Daerah (Polda) Banten mulai menyiagakan anggotanya dengan bekerjasama berbagai unsur.

Apel gelar pasukan di Mapolda Banten dipimpin langsung Kapolda Banten Brigjen Pol Boy Rafi Amar dan dihadiri Plt Gubernur Banten Rano Karno, Ketua DPRD Banten Asep Rahmatullah dan Ketua Serikat Buruh se-Banten.  

Polda Banten menerjunkan ribuan personelnya dibantu TNI, Dishub, dan Satpol PP  dalam menjaga keamanan perayaan hari buruh.

“Di Banten sendiri ada beberapa  titik pemantauan aksi buruh. Rencana titik kumpul buruh akan terjadi di Kota Cilegon tepatnya di depan Kantor Wali Kota Cilegon, Alun-alun Barat Kota Serang, Kawasan Industri Modern Cikande dan Pandeglang. Kita harap perayaan May Day yang dilakukan bisa berjalan aman dan tertib,” kata Boy, Kamis (30/4).

Aparat Kepolisian diminta mengantisipasi munculnya penyusup dan provokator pada saat massa buruh menggelar aksi unjuk rasa. Menurut Boy, di wilayah Banten banyak industri yang memperkerjakan buruh.

“Buruh dipersilakan memperjuangkan kesejahteraan, tetapi harus dilakukan secara baik, menjaga keamanan, tertib dan punya kemanfaatan yang tinggi. Hal yang tidak diharapkan adalah tindakan anarkis yang dilakukan oleh buruh di ruang kerja,” katanya.

Boy berharap buruh tidak melakukan aksi menutup jalan tol karena dapat mengganggu aktivitas masyarakat lainnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement