Rabu 29 Apr 2015 13:17 WIB

Persiapan May Day, Polda Jaga Kantung Keramaian

Rep: C15 / Red: Ani Nursalikah
  Ribuan buruh berunjuk rasa memperingati Hari Buruh Internasional atau yang biasa disebut 'May Day' di jalan MH. Thamrin, Jakarta, Rabu (1/5).   (Republika/Yasin Habibi)
Ribuan buruh berunjuk rasa memperingati Hari Buruh Internasional atau yang biasa disebut 'May Day' di jalan MH. Thamrin, Jakarta, Rabu (1/5). (Republika/Yasin Habibi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Unggung Cahyono mengatakan untuk mengamankan May Day satu Mei mendatang pengamanan Polda Metro Jaya akan memusatkan perhatian di titik keramaian dan antisipasi wilayah.

"Nantinya personel akan kami sebar di sepanjang jalan rute long march, titik keramaian dan beberapa titik seperti perbatasan Jakarta," ujar Unggung saat apel pagi persiapan May Day, Rabu (29/4).

Unggung mengatakan Polda Metro Jaya akan mengerahkan setidaknya 14.404 personel untuk mengamankan jalannya May Day. Salah satu titik yang akan dijaga oleh Polda adalah tol kilometer 42 Bekasi, tol Cibitung dan tol Bogor. Para buruh akan dibatasi dan dilarang masuk ke tol.

Selain menjaga di titik antisipasi, Polda juga akan menjaga titik keramaian seperti Istana Negara tempat massa menyuarakan pendapatnya. Begitu juga di Gelora Bung Karno yang menjadi titik kumpul pentas seni para buruh.

Mengingat banyaknya buruh yang terlibat dalam aksi May Day ini, pihak Polda Metro Jaya membuat rekayasa lalu lintas dengan memberlakukan car free day pada Jumat (1/5). Car free day ini berlaku dari pukul 06.00 hingga 13.00 sepanjang jalan Thamrin hingga Sudirman.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement