Selasa 28 Apr 2015 13:26 WIB

Jabar Bakal Luncurkan 16 Destinasi Wisata Baru

Rep: Djoko Suceno/ Red: Yudha Manggala P Putra
Situs Gunung Padang, Cianjur, Jawa Barat
Foto: ROL/Santi Sopia
Situs Gunung Padang, Cianjur, Jawa Barat

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG – Potensi objek wisata di wilayah Jabar sampai saat ini belum tergali secara maksimal. Padahal potensi tersebut hampir merata di seluruh kabupaten kota di provinsi ini.

Untuk menumbuhkan tingkat kunjungan wisatawan ke wilayah ini, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Jabar akan meluncurkan sebanyak 16 objek wisata siap kunjung mulai 2015 ini. Ke-16 destinasi wisata tersebut tersebar di sejumlah kabupaten/kota.

Menurut Kepala Disparbud Jabar, Drs H Nunung Sobari, MM, 16 destinasi wisata tersebut ditetapkan oleh tim dari provinsi. Tim tersebut bekerja selama satu tahun untuk menentukan ke-16 objek wisata baru yang akan menambah ragam objek wisata di Provinsi Jabar.

Ke-16 destinasi baru tersebut di antaranya, Gunung Padang (Cianjur), Kampung Adat Ciptagelar (Sukabumi), Geopark (Sukabumi), Pulau Biawak (Indramayu), Suryaragi (Cirebon), Batudua (Sumedang), dan sejumlah objek wisata lainnya. "Ke-16 destinasi wisata tersebut belum final dan masih bisa berubah,’’ kata dia.

Untuk memastikan ke-16 destinasi budaya tersebut, tim dari Disparbud Jabar akan melakukan koordinasi dengan kabupaten/kota tersebut. Menurut dia, bisa jadi setelah hasil koordinasi tersebut ada perubahan titik wisata dan daerahnya.

Hal tersebut, kata dia, tergantung dari hasil kajian bersama antara provinsi dan kabupaten/kota. "Meski belum final ke-16 wisata baru ini untuk sementara bisa menjadi acuan,’’ kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement