Senin 27 Apr 2015 18:05 WIB
Hari Otonomi Daerah

Mendagri Beri Penghargaan Daerah Berkinerja Terbaik

Rep: Fauziah Mursid/ Red: Djibril Muhammad
Tjahjo Kumolo
Foto: Republika/ Wihdan
Tjahjo Kumolo

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Dalam peringatan Hari Otonomi Daerah (Otda) XIX Kementerian Dalam Negeri memberikan penghargaan kepada daerah yang berprestasi kinerja terbaik. 

Ha itu berdasarkan hasil Evaluasi Kinerja Penyelanggaraan Pemerintah Daerah (EKPPD) terhadap Laporan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (LPPD) Tahun 2013. Melalui evaluasi tersebut diketahui ada tiga provinsi, sepuluh kabupaten dan sepuluh kota.

Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo secara langsung memberikan penghargaan tersebut kepada Gubernur, Bupati, wali kota serta perwakilan daerah yang dianggap berhasil memanajemen pemerintahan daerah dengan baik.

Untuk tingkat provinsi, penghargaan diberikan kepada provinsi Jateng, Jatim dan Daerah Istimewa Yogyakarta. Sedangkan kategori kota yang diberikan penghargaan yakni Blitar, Cimahi, Depok, Madiun, Mojokerja, Probolinggo, Samarinda, Semarang, Surayabaya, dan Yogyakarta.

Sementara untuk kabupaten ada Bantul, Kulon Progo, Kutai, Lamongan, Pasaman, Pinrang, Purbalingga, Sidoarjo, Sleman dan Tuban. “Hasil ini harus diperhatikan untuk memacu daerah otonomi daerah lain untuk berprestasi,” kata Tjahjo dalam sambutan pidatonya di Gedung Kemendagri, Senin (27/4).

Sejumlah kepala daerah yang menghadiri peringatan ini antara lain Gubernur Jatim Soekarwo, Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini, Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi serta sejumlah Sekda dari berbagai kota.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement