Jumat 24 Apr 2015 15:08 WIB

Diknas Ternate Siapkan Ujian Susulan SMA

Petugas mengelompokkan sampul dan naskah Ujian Nasional.  (ilustrasi)
Foto: Republika/Wihdan
Petugas mengelompokkan sampul dan naskah Ujian Nasional. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, TERNATE -- Dinas Pendidikan (Diknas) Kota Ternate, Maluku Utara (Malut) akan menyiapkan ujian susulan bagi siswa SMA atau sederajat yang tidak sempat mengikuti Ujian Nasional (UN).

"Para siswa/siswi tersebut masih diberikan kesempatan untuk dapat mengikuti ujian susulan yang direncanakan akan digelar pada pekan depan," kata Kepala Dinas Pendidikan Nasional Kota Ternate Muchdar Din di Ternate, Jumat (24/4).

Dia menjelaskan, berdasarkan POS ujian yang telah ditetapkan oleh Kementerian Pendidikan, UN kali ini dilakukan selama tiga kali.

UN utama yang sudah berakhir pekan lalu akan dilanjutkan dengan ujian susulan yang digelar pada pekan depan bagi siswa yang tidak mengikutinya. Selanjutnya, ujian mengulang akan dilakukan pada tahun depan bagi siswa yang nilainya kurang.

"Jadi, ada kesempatan untuk bisa mengulang di tahun mendatang, hanya untuk mata pelajaran yang kurang nilainya saja," katanya.

Diungkapkan, ada sekitar 59 siswa yang tidak ikut UN tahun ini. Mereka akan diberikan kesempatan untuk mengikuti ujian susulan yang soalnya berbeda tetapi standar nilainya sama.

"Soal ujian susulan sudah ada dan tinggal didistribusikan ke masing-masing sekolah," kata Muchdar.

Ia berharap semua siswa yang tidak sempat mengikuti UN utama agar mempersiapkan diri sebaik mungkin untuk bisa mengikuti ujian susulan.

"Bila nilai mereka baik maka kualitas lulusan SMA di Ternate pun akan meningkat," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement