Kamis 23 Apr 2015 17:43 WIB

Lahan Pertanian Minim, Kota Sukabumi Optimalkan Pekarangan Rumah

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Hazliansyah
Lahan pertanian, salah satu faktor penopang ketahanan pangan nasional (ilustrasi)
Foto: banten.go.id
Lahan pertanian, salah satu faktor penopang ketahanan pangan nasional (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Luas areal pertanian di Kota Sukabumi jumlahnya hanya sedikit. Masalah ini disiasati dengan mengoptimalkan lahan pekarangan di rumah warga.

Data Dinas Pertanian, Perikanan, dan Ketahanan Pangan (DP2KP) Kota Sukabumi menyebutkan, lahan pertanian di Kota Sukabumi mencapai 1.500 hektare.  

"Kita sudah mengupayakan menanam sayuran di pekarangan rumah," ujar Kepala Dinas Pertanian, Perikanan, dan Ketahanan Pangan (DP2KP) Kota Sukabumi, Kardina Kaesoedi, Kamis (23/4).

Hal itu disampaikan Kardina di sela-sela acara penanaman padi perdana bersama dengan Kodim 0607/Kota Sukabumi di Kelurahan Dayeuhluhur, Kecamatan Warudoyong. 

Menurut Kardina, dari 33 kelurahan sebanyak 21 kelurahan di antaranya telah memilki kebun bibit kelompok (KBK). Di mana kata dia, dari satu kelompok tersebut rata-rata terdiri atas 30 orang anggota.

Menurut Kardina, di lahan pekarangan warga bisa menanam sejumlah tanaman sayuran. Misalnya kangkung, selada, dan tomat. Sehingga warga bisa mendapatkan pasokan sayuran untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.

Dandim 0607/Kota Sukabumi Letkol (Arm) Saripudin menambahkan, meski areal pertanian di kota terbatas, namun di tujuh kecamatan Kota Sukabumi masih terdapat lahan pertanian padi. 

"Sehingga TNI menargetkan satu Koramil akan mempunyai lumbung padi yang menyimpan satu ton gabah kering giling," ujar dia.

Saripudin menuturkan, TNI bersama dengan pemkot juga membuka posko terpadu dalam bidang pertanian. Targetnya, upaya swasembada pangan dapat terwujud dalam waktu cepat. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement