Kamis 23 Apr 2015 15:50 WIB
Konferensi Asia Afrika

KAA di Bandung, Bandara Halim Perdana Kusuma Ditutup Total

Rep: C18/ Red: Winda Destiana Putri
Bandara Halim Perdana Kusuma, Jakarta
Foto: ROL/Fian Firatmaja
Bandara Halim Perdana Kusuma, Jakarta

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG -- Bandara Halim Perdana Kusuma akan ditutup total pada Jumat (24/4) bagi penerbangan komersil.

Penutupan ini terkait keberangkatan para kepala negara untuk menghadiri Konferesi Asia-Afrika (KAA) di Bandung. Humas PT Angkasa Pura II, Achmad Syarir membenarkan kalau pada tanggal tersebut memang tidak ada jadwal penerbangan komersil yang melalui bandara Halim Perdana Kusuma. Jelasnya, Halim akan ditutup total menyusul adanya penerbangan VIP dan VVIP terkait KAA.

"Iya ditutup," singkatnya kepada Republika, Kamis (23/4) di Tangerang.

Terkait penutupan tersebut, Kepala Pusat Komunikasi Publik Kementerian Perhubungan, Julius Adravida Barata meminta maskapai penerbangan untuk tetap menerbangkan calon penumpang. Barata berharap maskapai komersil untuk tidak menelatarkan penumpang.

Sementara Humas maskapai penerbangan Citilink, Benny S Butarbutar mengaku telah mengantisipasi penutupan tersebut dengan mengalihkan penerbangan dari Halim ke Bandara Soekarno-Hatta. Benny menjelaskan penyesuaian jadwal terbang itu sudah dilakukan sejak Rabu (21/4) kemarin.

"Sama juga untuk yang besok, semua berangkat dari Cengkareng," jelas Benny.

Benny menjelaskan pengalihan jadwal terbang ini berlaku hingga, Sabtu (25/4) besok. Tambahnya, jadwal terbang maskapai di bandara Halim Perdana Kusuma bakal kembali normal, Ahad (26/4) lusa.

Benny mengaku sejauh ini maskapai Citilink belum menemukan keluhan dari calon penumpang terkait pengalihan penerbangan tersebut. Pasalnya, papar Benny, hal tersebut sangat diwajarkan mengingat pelaksanaan KAA.

"Sejak awal manajemen Citilink mendukung sepenuhnya KAA. Semoga kegiatan akbar bangsa Indonesia bisa berjalan lancar demikian juga dengan kenyamanan penumpang Citilink," ujarnya.

Sementara, Bandara Halim Perdana Kusuma akan ditutup untuk seluruh penerbangan komersial sejak pukul 05.30 hingga 18.00 WIB. Akses utama menuju bandara pada tanggal tersebut juga ditutup untuk umum mulai pukul 06.00 WIB.

Sementara itu, sejak 18 April hingga 25 April seluruh operasional maskapai sewa atau charter dan sekolah pilot telah dipindahkan ke Bandara Pondok Cabe.

Dapat disampaikan bahwa sebanyak 27 delegasi peserta Konferensi Asia-Afrika telah mengonfirmasi tiba pada 19-21 April, dan sebanyak 25 unit pesawat kenegaraan akan diparkir di Bandara Halim Perdanakusuma.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement