Kamis 23 Apr 2015 13:43 WIB

Banjir di Yogya, 14 Tanggul Ambrol

Rep: Yulianingsih/ Red: Dwi Murdaningsih
banjir (ilustrasi)
banjir (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA --- Berdasarkan identifikasi sementara Dinas Pemukiman dan Prasarana Wilayah (Kipraswil) Kota Yogyakarta, sedikitnya ada 14 titik tanggul sungai atau talud yang ambrol akibat kikisan air hujan yang meluap di beberapa sungai di Yogyakarta, Rabu (22/4) malam.

"Sebagian besar talud yang ambrol ini ada di Kali Code dan Gadjah Wong," ujar Kepala Bidang Drainase dan Pengairan Dinas Permukiman dan Prasarana Wilayah (Kimpraswil) Kota Yogyakarta, Aki Lukman Nur Hakim, Kamis (23/4).

Bahkan menurutnya di Kampung Juminahan, ada pondasi rumah warga yang ikut ambrol bersama talud Kali Code. Menurutnya, perbaikan kerusakan tersebut sedikitnya membutuhkan dana Rp 1,1 miliar. Namun pihaknya mengalami kesulitan lantaran dana insidental perbaikan talud sudah habis.

"Yang sudah dialokasikan perbaikan itu talud di Purwokinanti saja. Proses perbaikan pun menunggu musim hujan selesai, sementara lainnya belum ada dananya," katanya.

Proses perbaikan yang bisa dilakukan saat ini  masih sebatas darurat. Yakni dengan menguatkan talud dengan karung berisi pasir dan batu. Kimpraswil sudah menyediakan 20 ribu karung yang sewaktu-waktu dapat diambil di BPBD Kota Yogyakarta.

Sedangkan perbaikan permanen rencananya akan diusulkan melalui APBD Perubahan 2015. Meski demikian, pihaknya juga akan mengusulkan penggunaan dana tak terduga namun harus atas persetujuan wali kota dalam penggunaanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement