Kamis 23 Apr 2015 06:39 WIB

Sukabumi Duduki Urutan 19 Daerah Rawan Bencana

Rep: riga nurul iman/ Red: Ani Nursalikah
Angin Puting Beliung dan hujan deras menerpa Bandung Timur, Kamis (19/12) Sore.
Foto: Istimewa
Angin Puting Beliung dan hujan deras menerpa Bandung Timur, Kamis (19/12) Sore.

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Kota Sukabumi menempati peringkat ke-19 daerah rawan bencana di Jawa Barat. Kondisi ini karena wilayah Sukabumi rawan diterjang bencana longsor, banjir, dan puting beliung.

"Indeks rawan bencana (IRB) Sukabumi skorsnya 60 dan menempati peringkat ke 19 di Jabar dan 206 secara nasional," ujar Wakil Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi kepada wartawan, Rabu (22/4).

Hal ini disampaikan di sela-sela acara sosialisasi dan rapat kerja penanggulangan bencana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Sukabumi. Bencana longsor karena Sukabumi dikelilingi pegunungan dan dataran rendah.

Selain itu potensi bencana banjir disebabkan saluran air yang tidak mampu menampung aliran air ketika terjadi hujan deras. Bencana lainnya yang mengancam antara lain kebakaran dan angin puting beliung serta gempa bumi.

Oleh karena itu, petugas BPBD dan para relawan harus meningkatkan kapasitas dan kemampuannya dalam menghadapi bencana alam. Targetnya, ketika terjadi bencana maka petugas maupun relawan siap dikerahkan untuk membantu penanganan bencana.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement