Senin 20 Apr 2015 17:10 WIB

Andrinof Kritik Daerah yang Menonjolkan Fisik Ketimbang SDM

Adrinof Chaniago
Foto: Republika
Adrinof Chaniago

REPUBLIKA.CO.ID,BANTEN -- Menteri PPN/Kepala Bappenas Andrinof Chaniago mengkritik daerah yang menonjolkan pembangunan fisik ketimbang pembangunan sumberdaya manusia. Menurut Andrinof, membangun bukan berlomba-lomba membangun konstruksi fisik yang semegah-megahnya, tapi membangun adalah untuk meningkatkan kualitas hidup manusia.

“Itu semua (infrastruktur) kita butuhkan untuk meningkatkan kebutuhan dan kualitas hidup masyarakat,” kata Andrinof saat membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan Provinsi (Musrembangprov) Banten di Tangerang, Senin (20/4).

Menurut Andrinof, tercapainya pembangunan justru ditandai dengan  meningkatnya kualitas kesehatan fisik, fungsi kecerdasan otak, dan prilaku masyarakat menjadi lebih konstruktif. “Kalau digambarkan muncul bagaimana masyarakat umum jadi lebih  tertib. Kalau ada lahan kritis muncul aksi spontan untuk menaman dengan gotong royong,” ujarnya.

Andrinof mengungkapkan, ketertinggalan Indonesia dengan negara lain dalam hal daya saing bukan karena infrastrukturnya saja tapi juga karena mentalitas, karakter, dan etos kerjanya. Pengusahanya, lanjut Andrinof, bukan pengusaha yang petarung dan berani mengambil resiko, tapi pengusaha yang memburu ijin lisensi namu yang mengerjakannya disubkontrakkan lagi. Sedangkan, negara yang maju karena industrinya maju dan pengusahanya benar-benar entrepreneur andal.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement