Senin 20 Apr 2015 10:45 WIB

Akses Baru ke Soekarno Hatta Siap Dioperasikan

Rep: c18/ Red: Hazliansyah
Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah (kiri).
Foto: Antara
Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah (kiri).

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG -- Jalan STA 11, yang akan menghubungkan Jakarta dan Bandara Soekaro-Hatta direncakan rampung tahun ini. Wali Kota Tangerang, Arief R Wismansyah mengatakan masyarakat dapat menggunakan jalan tersebut langsung ke bandara.

"Akses baru ini, nantinya bisa dimanfaatkan pengguna jalan dari Jakarta ke bandara dan sebaliknya tanpa melalui jalan tol," jelas Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah, Ahad (19/5).

Arief menjelaskan Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang membangun jalan arteri sekunder atau non-tol tersebut sepanjang 15 Km yang dimulai dari Rest Area Tol Karang Tengah, perumahan Green Lake, menuju Jalan Daan Mogot, hingga Bandara Soekarno-Hatta. Masyarakat nantinya bisa menggunakan akses tersebut setelah keluar Tol Alam Sutera dan langsung ke bandara.

"Jadi nggak usah muter-muter," singaktnya.

Selain membangun jalan baru, papar Arief, Pemkot Tangerang juga menambah kapasitas jalan ke Bandara Soekarno-Hatta yang sudah ada dengan melebarkan jalur arteri Garuda-Juanda. Jalan sepanjang 400 meter ini diperlebar 15 meter agar visit ratio jalan berimbang.

"Visit ratio jalan di Kota Tangerang sudah mencapai 0,82. Artinya, dari 100 persen kapasitas jalan, 80 persen sudah terisi," jelasnya.

Arief menuturkan dengan memperbanyak akses jalan, Kota Tangerang telah menambah ruang dan kapasitas jalan, sehingga volume kendaraan dan kapasitas jalan bisa berimbang, yang nantinya akan berimbas pada berkurangnya titik kemacetan.

"Penambahan akses ke Bandara Soekarno-Hatta, juga sangat diperlukan karena terkait dengan rencana perluasan dan penambahan kapasitas bandara tersebut," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement