Ahad 19 Apr 2015 08:06 WIB

Cegah DBD, Dinkes Sukabumi Siapkan Abate Gratis

Rep: Riga Iman/ Red: Winda Destiana Putri
Nyamuk Aedes Aegypti penyebab DBD.
Foto: dinsos.jakarta.go.id
Nyamuk Aedes Aegypti penyebab DBD.

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Sukabumi menyiapkan bubuk abate gratis kepada warga yang membutuhkan. Langkah ini untuk mencegah penyebaran kasus demam berdarah dengue (DBD) dan chikungunya di masyarakat.

"Di Dinkes maupun puskesmas tersedia abate yang cukup untuk warga," ujar Kepala Seksi Pengendalian Penyakit (Dalkit) Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Sukabumi, Irma Agristina kepada Republika Ahad (19/4).

Bagi masyarakat yang membutuhkannya lanjut dia dapat memperolehnya dengan gratis. Menurut Irma, bubuk abate ini sebaiknya digunakan untuk penampungan air yang sulit dibersihkan. Sementara untuk bak kamar mandi lebih baik dibersihkan secara rutin.

Irma mengatakan, Dinkes juga meminta warga berhati-hati terhadap penjualan bubuk abate dengan harga mahal yang dilakukan oleh sejumlah pihak. Hal ini dikarenakan ada laporan yang menyebutkan sejumlah pihak menjual bubuk abate kepada warga.

Data Dinkes Kota Sukabumi menyebutkan, pada triwulan pertama 2015 ini kasus DBD di Kota Sukabumi mencapai sebanyak 301 kasus. Sementara pada triwulan pertama 2014 lalu hanya sebanyak 148 kasus.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement