Kamis 16 Apr 2015 12:09 WIB

Gubernur DIY Launching 440 Posbindu

Rep: Neni Ridarineni/ Red: Didi Purwadi
Sultan Hamengku Buwono X.
Foto: Dok Republika
Sultan Hamengku Buwono X.

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Gubernur DIY, Sultan Hamengku Buwono X, meluncurkan 440 Posbindu (Pos Pembinaan Terpadu) untuk penyakit tidak menular. Acara peluncuran dilaksanakan di Gedung Taman Budaya Yogyakarta (TBY), Kamis (16/6).  

Posbindu merupakan salah satu upaya untuk mencegah dan menurun kasus penyakit tidak menular. Penyakit tidak menular ini antara lain: hipertensi, stroke, Diabetes mellitus, kanker, gagal ginjal, gagal jantung.  Kegiatan ini juga berkaitan dengan Peringatan Hari Kesehatan Sedunia.

Kepala Dinas Kebudayaan DIY, Umar Priyono, mengatakan kegiatan kesehatan yang diselenggarakan di TBY baru pertama kali ini . Dengan demikian diharapkan kesehatan menjadi budaya masyarakat.

''Kegiatan ini menarik, karena dimulai dengan jalan sehat, kemudian senam dan baru launching Posbindu,’’ kata Umar pada Republika.

Sebenarnya norma PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat) sudah ada, tetapi sebagai penanda betul bahwa ini ikhtiar budaya dimulai dari TBY. ‘’Karena siapapun yang datang di TBY pikirannya kan ini kegiatan budaya. Sehingga dari sini diharapkan bisa dimulai proses pembudayaan yang sering disebut institusionalisasi,’’ kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement