Kamis 16 Apr 2015 11:54 WIB

Badrodin Paparkan Delapan Misi Jadi Kapolri

Calon Kepala Polri Komjen Badrodin Haiti.
Foto: Republika/Agung Supriyanto
Calon Kepala Polri Komjen Badrodin Haiti.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Calon kapolri Komjen Polisi Badrodin Haiti memaparkan delapan misi yang akan dijalankannya apabila menjadi kapolri.

"Jika saya diberi amanah menjadi kapolri, visi saya adalah pemantapan soliditas profesionalisme Polri yang berkualitas, mandiri, dan bergotong-royong," katanya dalam uji kelayakan dan kepatutan calon Kapolri di Ruang Rapat Komisi III DPR, Kamis (16/4).

Dia mengatakan misi pertama, memantapkan soliditas dengan melakukan dengan melakukan reformasi internal Polri bidang sumber daya manusia (SDM), sarana prasarana, dan anggaran. Kedua, melaksanakan revolusi mental SDM Polri melalui perbaikan sistem rekrutmen, peningkatan kesejahteraan, pendidikan, dan latihan serta pengawasan.

"Ketiga, memperkuat kemampuan pencegahan kejahatan dengan landasan prinsip Pemolisian Proaktif (proaktif policing) dan Pemolisian yang berorientasi pada penyelesaian akar masalah atau 'problem oriented policing'," ujarnya.

Keempat ujar Badrodin memacu terbentuknya postur Polri yang lebih dominan sebagai pelayan, pengayom, dan pelindung masyarakat. Misi kelima kata dia, meningkatkan pelayanan yang lebih prima kepada publik

"Misi saya keenam, meningkatkan kemampuan deteksi untuk memahami potensi akar masalah gangguan kamtibmas," ujarnya.

Misi ketujuh meningkatkan kemampuan mediasi dan solusi nonrepresif lainnya dalam menyelesaikan masalah sosial yang berpotensi mengganggu kamtibmas. Kedelapan akan meningkatkan kemampuan penegakan hukum yang profesional, terutama penyidikan ilmiah, guna menekan angka empat jenis kejahatan.

"Situasi Kamtibmas saat ini ada empat kejahatan seperti tindak pidana korupsi, narkoba, terorisme, dan ancaman ISIS serta konflik di Papua serta aksi anarkis dan kejahatan masyarakat," ujarnya.

Dia menjelaskan visi dan misinya tersebut didasari perkembangan kondisi global, nasional dan ancaman serta tuntutan arah kebijakan pemerintah seperti rencana strategis.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement