Rabu 15 Apr 2015 23:12 WIB

Marwan Apresiasi Desa Cibodas yang Miliki Bumdes

Rep: C09/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi, Marwan Jafar.
Foto: Ist
Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi, Marwan Jafar.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG - Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes), Marwan Jafar, mengapresiasi budaya gotong royong yang dimiliki masyarakat Cibodas, Bandung Barat, dalam mengembangkan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes). Desa Cibodas merupakan desa model yang mengembangkan agrobisnis serta Bumdes berupa saluran air.

"Saya dengar Bumdes berupa saluran air dibentuk pada tahun 2008 dan ini tentunya menjadi kebanggaan kita semua, karena seluruh desa diharapkan memiliki Bumdes dan patut kita apresiasi," ujar Marwan dalam sambutannya di depan aparat desa di desa Cibodas, Kabupaten Bandung Barat, Rabu (15/4).

Untuk selanjutnya, kata Marwan, Bumdes di desa Cibodas bisa dikembangkan dengan menjalin kerjasama dengan pihak kementerian. BUMDes saluran air ini bisa menjadi contoh di desa-desa yang ada dan bisa terus dikembangkan lagi.

Selain itu, budaya gotong royong dan pelestarian adat yang dilakukan masyarakat Cibodas, menurut Marwan, harus tetap di pertahankan. Budaya tersebut untuk level desa dinilai luar biasa dan patut diapresiasi.

“Kondisi ini harus dipelihara bersama-sama,” kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement