Rabu 15 Apr 2015 19:51 WIB
peduli lansia

Wagub Jatim Janji Lebih Perhatikan Lansia

Rep: andi nurroni/ Red: Damanhuri Zuhri
Gus Ipul
Foto: .
Gus Ipul

REPUBLIKA.CO.ID, SIDOARJO -- Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf percaya golongan masyarakat lanjut usia atau lansia masih memiliki keinginan dan semangat yang besar untuk ikut membangun negeri.

Oleh karena itu, ia menekankan, penting bagi pemerintah untuk memberikan kesempatan bagi mereka untuk terus berkarya.

“Lansia juga punya peran atau aspirasi yang berguna bagi kemajuan negeri ini. Karena itu, hak-hak mereka harus lebih diperhatikan melalui kebijakan yang berpihak,” ujar Saifullah saat Pengukuhan Pengurus Komisi Daerah (Komda) Lansia Kabupaten Sidoarjo dan Pengurus Komisi Lansia Kecamatan se-Kabupaten Sidoarjo di Pendopo Delta Wibawa Sidoarjo, Rabu (15/4).

Gus Ipul, begitu Wagub Jatim akrab disapa menekankan, perlu strategi untuk mencapai keadilan bagi golongan lansia, yang setara dengan warga yang masih berusia produktif.

“Salah satu upaya yang ingin kami lakukan adalah membuat beberapa kegiatan dan sekaligus pendidikan keterampilan bagi para lansia yang masih ingin berkarya. Pusatnya bisa di panti-panti atau di kantor kecamatan-kecamatan,“ jelasnya.

Saifullah Yusuf yang juga menjabat Ketua Komda Lansia Provinsi Jatim melaporkan, usia harapan Hidup (UHH)di Sidoarjo semakin meningkat, dan kini mencapai rata-rata 71 tahun. Artinya, menurut Saifullah, kualitas hidup masyarakat Sidoarjo semakin baik.

Secara khusus, Saifullah juga memberi apresiasi kepada Kabupaten Sidoarjo yang memberdayakan para lansia. “Dari pengalaman saya selama memimpin Komda Lansia Jatim, baru kali ini ada pengurus Komda Lansia yang sampai di tingkat kecamatan. Ini menunjukkan semangat lansia disini sungguh luar biasa,” ujar dia.

Pada kesempatan tersebut, Wakil Bupati Sidoarjo, MG Hadi Sutjipto bersyukur atas meningkatnya angka harapan hidup tersebut.“Alhamdulillah derajat kesehatan masyarakat makin meningkat,'' jelas Hadi Sutjipto.

''UHH kami sudah hampir memenuhi keinginan MDG’s yakni 72 tahun. Indeks Pembangunan Manusia (IPM) kami juga sudah mencapai 7,4. Ini salah satunya berkat peran lansia yang bisa hidup bahagia di hari tuanya serta program-program pemerintah berjalan baik,” ujarnya penuh syukur.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement