Rabu 15 Apr 2015 22:00 WIB

TNI Berperan Bantu Wujudkan Ketahanan Pangan

Lahan pertanian, salah satu faktor penopang ketahanan pangan nasional (ilustrasi)
Foto: banten.go.id
Lahan pertanian, salah satu faktor penopang ketahanan pangan nasional (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, TANJUNG -- Komandan Korem 101/Antasari Kalimantan Selatan Kolonel Infanteri Muhammad Abduh RAS mengatakan, salah satu tugas TNI selain perang yakni membantu pemerintah mewujudkan ketahanan pangan sebagai aspek ketahanan negara atau teritorial.

"Jika pangan tidak dikelola dengan baik maka akan menjadi perebutan yang bisa berdampak kepada keamanan negara karena itu TNI pun punya peran membantu mewujudkan ketahanan pangan sebagai aspek ketahanan negara," ungkap Abduh.

Sebagai bentuk dukungan peningkatan produksi padi di Bumi Saraba Kawa ini, Korem 101/Antasari juga memberikan bantuan delapan unit alat potong rumput bagi Kelompok Tani Gunung Paliat Desa Nalui Kecamatan Jaro.

Delapan alat potong rumput ungkap Abduh diberikan untuk mendukung program tanam padi di Kecamatan Jaro serta dukung upaya pemerintah daerah meningkatkan produksi pangan agar bisa surplus beras dengan target 50.000 ton per tahun.

Sebagai bentuk komitmen TNI dan Polri dalam mewujudkan ketahanan pangan daerah, juga dibuat nota kesepakatan bersama antara Dandim 1008/Tanjung, Rudy Saladin, Bupati Tabalong, Anang Syakhfiani dan Kapolres Tabalong, AKBP Riko Sunarko untuk pengawalan dan pengawasan distribusi pupuk dan hasil pertanian.

Nota kesepakatan bersama ini dalam rangka menyukseskan program upaya khusus padi, jagung dan kedelai menuju swasembada pangan 2015 - 2017 di Tabalong.

Di Tabalong sendiri tahun ini ditargetkan penanaman padi seluas 16.076 hektare dan sudah terealisasi seluas 11.052 hektare yang tersebar di seluruh kecamatan.

Sementara itu sejumlah kelompok tani di Tabalong juga mendapatkan bantuan alat pertanian berupa pompa air dan traktor tangan dari dana APBN 2015 yang diserahkan secara simbolis oleh Gubernur Kalsel, Rudy Arifin.

Di antaranya bantuan pompa air dari dana APBN 2015 untuk Kelompok Tani (KT) Amelia I Banua Lawas, KT Tani Makmur Kecamatan Upau, KT Gayam Raya Bahungin dan KT Labuan Amas Kecamatan Kelua.

Sedangakn traktor tangan diberikan kepada KT Sinar Utama Desa Kampung Baru, KT Maju Berkat Kawan Desa Mahe, KT Kenanga Desa Nalui, KT Tunas Harapa Desa Kinarum, KT Kamintan Desa Kaong dan KT Gunung Walet Desa Jaro.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement