Ahad 12 Apr 2015 17:50 WIB

Kota Semarang Siap Gelar UN SMA Sederajat

Rep: Bowo Pribadi/ Red: Yudha Manggala P Putra
Ujian Nasional
Foto: Yasin Habibi/Republika
Ujian Nasional

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG -- Pendistribusian naskah soal ujian nasional (UN) jejang SMA sederajat ke seluruh subrayon, tetap dilakukan di bawah pengawalan anggota kepolisian.

Meski begitu, proses pengamanan pendistribusian naskah soal ini tidak seketat pada pelaksanaan UN tahun sebelumnya, yang harus menggunakan pengawalan 'voorijder'.

Ketua Pantia Penyelenggara UN Kota Semarang, Sutarto mengatakan proses pengamanan naskah soal- soal UN ini tetap dilakukan, namun dilaksanakan sesuai dengan kebutuhan.

“Walaupun tak menggunakan ‘voorijder’ prosedur pelaksanaan pengamanannya tetap dilakukan maksimal,” ungkapnya di Semarang, Ahad (12/4).

Ia mengatakan, saat ini seluruh naskah soal UN SMA sederajat untuk Kota Semarang telah terdistribusi ke masing- masing sub rayon. Jumlahnya mencapai 1.742 boks naskah soal.

Ke-1.742 boks yang didistribusikan hanya naskahsoal UN jenjang SMA dan sederajat. Naskah soal Ujian Nasional Pendidikan Kesetaraan (UNPK) Paket C 2015 disimpan oleh Dinas Pendidikan Kota Semarang.

"Sejauh ini distribusi naskah soal berjalan lancar dan belum ada temuan naskah yang mengalami kerusakan. Artinya persiapan pelaksanaan UN yang dimulai 13 April 2015 sudah berjalan lancar," tegasnya.

Ia juga mengimbau para siswa peserta UN jenjang SMA sederajat untuk tidak mempecayai isu- isu yang terkait dengan kebocoran soal UN atau beredarnya kunci jawaban soal- soal UN.

Para peserta UN haruis mengerjakan dengan kejujuran dan penuh optimisme agar mampu mengerjakan soal- soal yang diujikan tersebut. "Kerjakan dengan kejujuran," tambah Sutarto.

Sementara itu, Kepala Disdik Kota Semarang, Bunyamin mengaku seluruh sekolah sudah siap melaksanakan UN, termasuk yang ditunjuk melaksanakan UN berbasis komputer atau computer based test (CBT).

Ia mengungkapkan, jumlah peserta UN 2015 jenjang SMA/ MA/ SMK/ SMALB di Kota Semarang mencapai 22.876 siswa. Rinciannya jumlah peserta UN SMA sebanyak 9.678 siswa.

Sedangkan peserta MA sebanyak 1.770 siswa, SMK sebanyak 11.357 siswa, dan 71 siswa SMA LB. Khusus sekolah yang menggelar UN CBT langsung mendapatkan penanganan dari pusat, termasuk dengan penyediaan soalnya.

Sehingga tidak termasuk dalam pendistribusian naskah soal UN 'konvensional'. Dari 10 sekolah yang diusulkan Dinas Pendidikan Kota Semarang untuk melaksanakan UN CBT, hanya ada satu sekolah, yakni SMK Texmaco Semarang.

Secara umum, sekolah di Kota Semarang sudah siap untuk melaksanakan UN kali ini. "Kami berharap proses pelaksanaan UN pun dapat berjalan lancar," tambah Bunyamin.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement