Jumat 10 Apr 2015 11:26 WIB

SDA: Jika Ditahan Saya Siap

Rep: mas alamil huda/ Red: Taufik Rachman
Ketua Umum PPP Suryadarma Ali
Foto: Republika
Ketua Umum PPP Suryadarma Ali

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tersangka dugaan korupsi dana penyelenggaraan ibadah haji 2012-2013 Suryadharma Ali (SDA) memenuhi panggilan KPK. Mantan menteri Agama itu mengaku siap jika lembaga antikorupsi itu menahannya mulai hari ini.

"Saya akan ikuti seluruh prosesnya sebagai bentuk penghormatan saya terhadap hukum," kata dia saat ditanya terkait kesiapannya menjalani penahanan, Jumat (10/4) di gedung KPK.

Namun, mantan ketua umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) berharap dirinya diproses secara adil. Sebab, dia merasa adanya ketidakadilan atas penetapannya sebagai tersangka sejak 10 bulan yang lalu.

Dia menuding KPK sejauh ini belum melakukan penghitungan dugaan kerugian negara atas kasus yang disangkakan terhadapnya. Padahal, kata SDA, perkiraan dugaan kerugian keuangan negara itu harusnya sudah ada sejak di penyelidikan.

"Sampai hari ini belum ada kerugian negara yang secara pasti jumlah itu. Ada tapi cuma perkiraan-perkiraan saja. Saya berharap diproses secara berkeadilan dan bukan dengan opini. Ingat loh ya kita hidup di dunia besar, ada akhirat nanti," ujar dia.

SDA tiba di gedung lembaga antikorupsi tepat pukul 10.30 WIB. Mantan ketua umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) itu datang mengendarai mobil merk Lexus berwarna hitam dengan didampingi pengacaranya, Humprey Djemat. Mengenakan batik warna coklat, SDA langsung diberondong pertanyaan terkait kesiapannya menjalani pemeriksaan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement