Kamis 09 Apr 2015 19:09 WIB

Peserta UN Kini Lebih Santai

Rep: Neni Ridarineni/ Red: Didi Purwadi
Ujian Nasional SMP
Foto: Republika/Rakhmawaty La'lang
Ujian Nasional SMP

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Ujian Nasional (UN) tahun ini tidak mempengaruhi kelulusan. Karena sekarang tidak mempengaruhi kelulusan, peserta UN tidak stress dibandingkan tahun sebelumnya.

Hal itu dikemukakan Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) DIY, Baskara Aji K, pada wartawan usai Rapat Kerja dengan Komisi D DPRD DIY, Kamis (9/4). Dengan demikian, kata dia, harusnya hasil UN semakin baik dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

''Semakin santai anak mengerjakan UN, hasil semakin baik.  Sebaliknya, semakin curang anak dalam mengerjakan UN, hasilnya akan lebih jelek, dibandingkan bila dalam mengerjakan UN santai,’’ tuturnya. Meskipun demikian, pengawasan pelaksanaan UN dilakukan tetap ketat seperti tahun-tahun sebelumnya.

Pengawasan dilakukan sama dengan biasanya yakni silang dua orang dari sekolah atau madrasah yang berbeda. Bedanya, kata dia menambahkan, pengawas dari perguruan tinggi tidak ada. Sementara itu, penjagaan soal-soal UN yang sejak Kamis (9/4) pagi sudah disimpan di Gudang Disdikpora melibatkan Polda DIY.

‘’Mulai dari pengiriman, penerimaan dan penyimpanan soal-soal UN di gudang dikawal oleh kepolisian,'' katanya.

 

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement