Kamis 09 Apr 2015 09:13 WIB

Pemkab Bandung Siap Tampung Dua Kecamatan Tambahan

Rep: C12 / Red: Hazliansyah

REPUBLIKA.CO.ID, SOREANG -- Bupati Bandung Dadang Naser menilai masyarakat di Kecamatan Jayanti, Kabupaten Cianjur dan Kecamatan Rancabuaya, Kabupaten Garut, ingin wilayah mereka menjadi bagian dari Kabupaten Bandung. Sebab, aktivitas perekonomian dari dua kecamatan itu lebih banyak menuju Kabupaten Bandung.

Dadang juga beranggapan akses dari dua kecamatan tersebut menuju ibu kota kabupaten erbilang jauh. Sehingga masyarakat di sana lebih banyak melakukan kegiatan ekonominya di Kabupaten Bandung ketimbang ibu kotanya. 

"Pendidikan juga larinya ke kita. Masyarakat di sana lebih ingin daerahnya masuk ke wilayah Kabupaten Bandung," ujar Dadang, Kamis (9/4).

Namun, Dadang mengakui, kewenangan itu ada di pemerintah pusat. Tapi ia sangat siap jika dua kecamatan itu menjadi bagian dari wilayah Kabupaten Bandung. 

"Apalagi infrastruktur di sana juga enggak terurus, yang enggak terurus gabungkan saja dengan kita," ujar dia. 

Terlebih, dua kecamatan itu merupakan penghasil ikan karena lokasinya yang berada di selatan Jawa Barat. Menurut Dadang, jika dua daerah tersebut bergabung dengan Kabupaten Bandung, maka sudah tentu kebutuhan ikan di wilayahnya akan terpenuhi.

Sebab, saat ini saja, produksi ikan yang masuk ke Kabupaten Bandung hanya 11 ton, dari total kebutuhan sebesar 54 ton per tahunnya. 

"Nanti bisa dibangun pelabuhan dan nelayan diberikan peralatan yang lengkap, biar lebih produktif hasil ikannya," tutur dia. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement