Sabtu 04 Apr 2015 02:37 WIB

Adanya Pabrik Semen di Papua Bisa Percepat Pembangunan

Pekerja melakukan bongkar muat semen di Pelabuhan Sunda Kelapa, Jakarta, Senin (30/3).
Foto: Republika/Prayogi
Pekerja melakukan bongkar muat semen di Pelabuhan Sunda Kelapa, Jakarta, Senin (30/3).

REPUBLIKA.CO.ID, JAYAPURA -- Keberadaan pabrik semen di Jayapura, Papua dinilai akan mempercepat pembangunan infrastruktur di daerah tersebut yang selama ini selalu terkendala ketersediaan bahan baku, diantaranya semen.

"Secara umum Provinsi Papua tengah giat-giatnya membangun insfrastruktur hanya saja terkendala dengan mahalnya bahan baku seperti semen," kata Bupati Jayapura, Mathius Awaitauw, Jumat (3/4).

Sebelumnya pada Kamis (2/4) Pemerintah Kabupaten Jayapura bersama PT Semen Indonesia yang diwakili Direktur Pengembangan Usaha dan Strategi Bisnis, Rizkan Chandra mengumumkan kerjasama ekplorasi potensi pembangunan pabrik semen di didaerah itu.

"Dinamika pembangunan di berbagai bidang di Kabupaten Jayapura dan sekitarnya selama 15 tahun belakangan cukup berkembang. Dan bisa dilihat dengan banyaknya pembangunan fisik yang dilakukan oleh berbagai pihak," katanya.

Namun, tambahnya Bupati, ada beberapa daerah yang mengalami kesulitan akibat terbatas dan tingginya harga semen.

"Mengacu kepada potensi daerah yaitu banyak sumber daya alam yang melimpah, maka Pemerintah Kabupaten Jayapura membuka diri untuk melihat peluang agar masuknya investor PT Semen Indonesia yang akan membangun pabriknya di Papua," katanya.

Ia mengatakan kehadirian pabrik semen di Papua, khususnya di Kabupaten Jayapura akan mempercepat kemajuan dalam hal ketersediaan semen sebagai salah satu bahan baku membangun infrastruktur

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement