Jumat 03 Apr 2015 02:48 WIB

Ini Alasan Gereja Mendapat Prioritas Pengamanan Polisi

Rep: C25/ Red: Julkifli Marbun
Umat Kristiani melaksanakan ibadah misa Natal di Gereja Katedral, Jakarta Pusat, Kamis (25/12).
Foto: Republika/Agung Supriyanto
Umat Kristiani melaksanakan ibadah misa Natal di Gereja Katedral, Jakarta Pusat, Kamis (25/12).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -– Wakil Kepala Polres Jakarta Barat, AKBP Bahtiar Ujang Purnama, membenarkan kalau beberapa gereja memang mendapatkan prioritas pengamanan.

Ditemui setelah memimpin penyisiran pada hari Kamis (2/4) sore di Gereja Santo Petrus & Paulus, Jalan Raya Mangga Besar, Taman Sari, Jakarta Barat, Wakapolres Jakarta Barat, AKBP Bahtiar Ujang Purnama membenarkan kalau beberapa gereja memang mendapatkan prioritas dalam pengamanan.

Gereja-gereja yang mendapat prioritas dalam pengamanan tersebut ditentukan berdasarkan dari beberapa faktor. Salah satunya adalah berdasarkan jumlah jemaat dari gereja tersebut. Jika jemaat dalam satu gereja tersebut terbilang sangat banyak maka gereja tersebut termasuk dalam gereja yang mendapat prioritas.

Selain itu, ada satu lagi faktor yang menentukan sebuah gereja mendapat prioritas ataupun tidak. Faktor tersebut adalah lokasi gereja apabila berdekatan dengan tempat ibadah umat beragama lain. Jika lokasi gereja berdekatan dengan sebuah Mesjid atau Vihara, maka gereja tersebut juga akan mendapatkan prioritas.

Bahtiar juga menjelaskan alasan mengapa beberapa gereja tersebut mendapatkan prioritas dalam pengamanan. Menurutnya, prioritas pengamanan dimaksudkan untuk menekan potensi-potensi kejahatan yang mungkin terjadi. “Kalau seandainya tidak dijaga dengan prioritas, bisa terjadi kejahatan,” kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement