Selasa 31 Mar 2015 19:56 WIB

Puan Maharani Luncurkan Lima Jamu Saintifik

 Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani,
Foto: Republika/ Tahta Aidilla
Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani,

REPUBLIKA.CO.ID, TAWANGMANGU --Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani meluncurkan lima jamu yang telah melalui program saintifikasi dan terbukti aman serta berkhasiat untuk dikonsumsi.

"Peluncuran jamu saintifik ini sebagai bentuk komitmen pemerintah dalam melestarikan dan membudayakan jamu," kata Puan usai Peluncuran Lima Jamu Saintifik di Tawangmangu, Selasa (31/3).

Dia menjelaskan, jamu sebagai tradisi dan budaya kesehatan tradisional sudah diakomodasi dalam sistem kesehatan nasional melalui Undang-undang nomor 36 tahun 2009 tentang kesehatan dan PP nomor 103 tahun 2014 tentang pelayanan kesehatan tradisional.

Kementerian kesehatan telah menyelenggarakan program saintifikasi jamu sejak 2010.

Program itu merupakan aktivitas ilmu pengetahuan hulu hingga hilir untuk membuktikan keamanan, khasiat serta mutu dari seluruh ramuan tanaman obat berbasis etnis di Indonesia.

Hingga 2015, telah dibuktikan keamanan, khasiat dan mutu lima jamu, yakni hemordoid atau wasir, dispepsia atau nyeri lambung, osteoartristis atau nyeri sendi, hipertensi ringan dan hiperurisemia atau kadar asam urat tinggi.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement