Jumat 27 Mar 2015 18:44 WIB

Romo Benny: Sudah Saatnya Jokowi Memilih yang Kredibel

Rep: Halimatus Sa'diyah/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Presiden Joko Widodo
Foto: Antara/Andhika Wahyu
Presiden Joko Widodo

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Budayawan Benny Susatyo menyebut bahwa menteri-menteri Kabinet Kerja berkualitas KW 2. KW 2 adalah istilah yang biasa digunakan untuk menyebut barang imitasi atau tiruan.

"Kebanyakan menteri itu KW 2, tidak punya kemampuan," ujarnya dalam sebuah forum diskusi di Jalan Agus Salim, Jakarta Pusat, Jumat (27/3).

Benny mengatakan hal itu karena menurutnya para 'pembantu' presiden banyak yang tidak mengerti persoalan. Hal itu, kata dia, dapat terlihat dari carut-marutnya kondisi politik dan ekonomi Indonesia saat ini.

Atas dasar itu, menurut dia perlu ada perubahan atau perombakan dalam kabinet. Terutama mengganti mereka yang ia nilai tak kredibel sebagai menteri.

"Perlu ada perombakan menteri. Sudah saatnya Jokowi memilih orang yang betul-betul kredibel untuk menghadapi krisis besar ini," ujarnya.

Benny menambahkan, presiden harus memilih menteri yang benar-benar profesional dan tidak memiliki kepentingan kekuasaan. Utamanya untuk posisi strategis seperti menteri bidang ekonomi dan BUMN.

"Tidak cukup hanya dengan blusukan, Jokowi harus mengkombinasikan itu dengan mengawasi kerja menteri agar fokus pada Nawa Cita," kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement