Kamis 26 Mar 2015 21:19 WIB

DPD Siap Bantu Peningkatan Ekonomi Daerah

Rep: Agus Raharjo/ Red: Muhammad Hafil
Irman Gusman
Irman Gusman

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD), Irman Gusman menilai daerah menjadi pendorong besar capaian ekonomi nasional. DPD sudah hadir selama 11 tahun di Indonesia, dan siap untuk terus membantu peningkatan perekonomian di daerah. Sebab, dengan meningkatnya perekonomian daerah, maka ekonomi nasional juga akan meningkat.

Dari 2004 hingga 2014, kata dia, Indonesia berhasil mengukir prestasi di bidang ekonomi menjadi 16 besar dan capaian PDB 1 triliun dolar AS. Menurutnya, capaian ini bukan sebuah kebetulan, tapi kerja keras daerah yang mampu mendorong perekonomian Indonesia menjadi 20 besar di dunia.

"Ini akan ditingkatkan terus jika komunikasi antara senator dan kepala daerah juga duta besar semakin erat," kata dia pada acara diplomatic gathering, di Jakarta, Kamis (26/3).

Irman menambahkan, DPD juga siap berperan untuk mencapai target ekonomi Indonesia mencapai 4 triliun dolar AS dengan pendapatan perkapita mencapai 18 ribu dolar AS. Target itu ingin dicapai pada tahun 2025 dengan jumlah penduduk saat itu mencapai sekitar 580 juta orang. Dengan capaian itu, imbuh Irman, Indonesia menjadi ekonomi terbesar nomor 7 di seluruh dunia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement