Kamis 26 Mar 2015 19:54 WIB

Pacific Place Dorong Bank Sampah sebagai Solusi Warga Ibukota

VP Operation Support Services PT Pacific Place Jakarta Ishak A. Muin
Foto: pacific place
VP Operation Support Services PT Pacific Place Jakarta Ishak A. Muin

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Setelah enam bulan melakukan peningkatan kapasitas Bank Sampah Kelurahan, Pacific Place Care bersama Kelurahan Senayan dan Yayasan Rumah Pelangi menutup programnya  dalam seremoni Pacific Place CSR Showcasing dan memberikan penghargaan kepada para kader.

"Bank Sampah dapat dijadikan solusi untuk mencapai permukiman yang bersih dan nyaman bagi warganya dan Pacific Place Jakarta mencoba memberikan apresiasi kepada para kader Bank Sampah di Kelurahan Senayan yang luar biasa menginspirasi dan berbuat tanpa pamrih,” ujar VP Operation Support Services PT Pacific Place Jakarta Ishak A. Muin, Kamis (26/3).

Komitmen mal di kawasan SCBD, Jalan Sudirman, Jakarta Pusat ini dalam menjalankan roda bisnis, menurut Ishak, mengedepankan keselarasan dalam pengembangan keberlanjutan dalam aspek ekonomi, sosial, dan lingkungan.

Pacific Place Jakarta sebagai perusahaan yang ramah lingkungan, ujarnya, menerapkan Green Culture telah menjadi core competency sebagai budaya perusahaan.

Hal ini dibuktikan dengan Pacific Place Mall dinobatkan oleh Green Building Council Indonesia (GBCI) sebagai pusat perbelanjaan pertama di Indonesia yang layak untuk mendapatkan sertifikasi dengan kategori tertinggi, yaitu Platinum.

Apalagi, ujar Ishak, masalah sampah bukanlah permasalahan yang bisa dibiarkan. Lantaran diprediksi dalam lima tahun kedepan volume sampah di Jakarta mencapai 8.000 ton.

Jakarta dengan populasi kurang lebih 10 juta, memproduksi sampah per hari 6.500 ton, terdiri dari 53% sampah rumah tangga dan 47% sampah industri.

“Solusi dari permasalahan sampah di Jakarta salah satunya melalui Bank Sampah yang merupakan suatu sistem pengelolaan sampah kering secara kolektif yang mendorong masyarakat untuk berperan serta aktif di dalamnya,” jelas Ishak.

Sistem ini akan menampung memilah, dan menyalurkan sampah bernilai ekonomi pada pasar sehingga masyarakat mendapat keuntungan ekonomi dari menabung sampah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement