Kamis 26 Mar 2015 17:28 WIB

Bertemu Presiden Cina, Jokowi Tandatangani Sejumlah MoU

Presiden Cina Xi Jinping.
Foto: AP
Presiden Cina Xi Jinping.

REPUBLIKA.CO.ID, BEIJING -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden Cina, Xi Jinping di "Great Hall of The People", Beijing, Kamis (24/3).

Dalam kunjungan itu sekaligus ditandatangani beberapa nota kesepahaman atau "Memorandum of Understanding" (MoU) di berbagai bidang termasuk keuangan, perindustrian, infrastruktur, penanggulangan bencana, dan antariksa.

Presiden Xi Jinping setelah upacara penyambutan resmi mengatakan selamat datang dan selamat berkunjung kepada Jokowi yang datang ke Cina bertepatan dengan peringatan ke-65 tahun hubungan persahabatan Indonesia-Cina

"Hubungan persahabatan kedua negara selama 65 tahun berkembang dengan baik dan lancar," ujarnya.

Ia menilai Indonesia merupakan negara dengan populasi besar yang sedang berkembang dan punya kerja sama yang saling menguntungkan dan potensi yang besar dengan Cina.

"Pada November tahun lalu saat menghadiri KTT APEC di Beijing, kita sepakat menerjemahkan hubungan diplomatik menjadi hasil kerja sama konkret yang bermanfaat bagi kedua negara. Dalam empat bulan terakhir kerja sama kita dalam segala bidang mencapai kemajuan," tuturnya.

Xi Jinping mengaku sangat puas atas pencapaian itu, dan berharap kunjungan Jokowi akan mendorong kerja sama terus berkembang di segala bidang.

Merespon hal itu, Presiden Jokowi mengatakan berterima kasih atas sambutan yang hangat dan bersahabat.

"Indonesia berkomitmen untuk mempererat kerja sama dengan Tiongkok di tingkat bilateral, regional, maupun internasional," kata Presiden Jokowi.

sumber : antara

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement