Kamis 19 Mar 2015 14:43 WIB

Lapas Nusakambangan, Alcatraz Ala Indonesia (2)

LP Nusakambangan
Foto: Republika/Tahta Aidilla
LP Nusakambangan

REPUBLIKA.CO.ID, Dari sejarah aslinya, Pulau Alcatraz adalah sebuah pulau karang yang terletak di tengah Teluk San Francisco di Kalifornia, Amerika Serikat (AS). Alcatraz dahulu merupakan benteng pertahanan militer dan kemudian dijadikan penjara keamanan ketat.

Kini pulau karang itu adalah sebuah situs sejarah yang dikelola oleh Dinas Pertamanan Nasional AS sebagai Tempat Rekreasi Nasional Golden Gate, dan dibuka untuk wisatawan. Pulau ini terdaftar sebagai Tempat Bersejarah Nasional.

Luas daratan Alcatraz adalah 0,0763 kilometer persegi. Menurut Sensus 2.000, pulau ini tidak berpenduduk. Orang Eropa pertama yang menemukan pulau ini adalah Juan Manuel de Ayala. Nama pulau ini berasal dari kata Spanyol (diambil dari kata Arab) yang berarti pelikan. Nama julukan pulau ini ialah The Rock (Batu Karang).

Di tempat ini juga terdapat mercusuar tertua yang masih beroperasi di Pantai Barat Amerika Serikat. Dari pulau ini orang dapat melihat pemandangan yang indah di sepanjang pantai San Francisco. Pulau ini juga menjadi titik berangkat pertandingan triatlon 'Kabur dari Alcatraz'.

Alcatraz pertama-tama dibangun sebagai instalasi militer pada 1850 dan kemudian diubah menjadi penjara militer hingga 1933. Barak hukuman di Alcatraz kemudian diambilalih oleh Departemen Kehakiman Amerika Serikat pada 12 Oktober 1933.

Pulau ini menjadi penjara federal pada Agustus 1934. Penjara ini ditujukan untuk narapidana yang sering membuat masalah di penjara federal Amerika lainnya (meloloskan diri, membuat keonaran, pembunuhan sesama napi dan sebagainya).

Selama 29 tahun penggunaannya, di penjara mendekam penjahat-penjahat terkenal kelas kakap seperti Al Capone, Robert Franklin Stroud (manusia burung dari Alcatraz) dan Alvin Karpis, yang ditahan di Alcatraz jauh lebih lama daripada tahanan manapun.

Pada masa operasinya, penjara ini mengklaim tidak ada satupun narapidana yang berhasil meloloskan diri, meskipun seperti umumnya penjara, ada saja penghuninya yang berupaya meloloskan diri, tetapi selalu gagal.

Sekitar 36 napi melakukan 14 kali usaha meloloskan diri, dua orang mencoba 2 kali, 23 tertangkap, enam lainnya tewas ditembak saat mencoba, dua tenggelam dan lima sisanya dinyatakan "hilang dan kemungkinan tenggelam".

Pulau ini juga ditampilkan dalam film pada 1996 dengan judul The Rock. Puluhan film, termasuk Escape From Alcatraz dan X-Men: The Last Stand telah menampilkan Alcatraz sejak 1937.

(Lanjutkan baca klik ini)

sumber : Antara

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement