Senin 16 Mar 2015 23:19 WIB

Pemkot Yogyakarta Tata 10 Titik Bantaran Sungai Winongo

Rep: Yulianingsih / Red: Hazliansyah

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Tahun ini Pemkot Yogyakarta bersama komunitas bantaran sungai akan melakukan penataan kawasan bantaran Sungai Winongo. Sedkitnya ada 10 titik kawasan di sepanjang Bantaran Kali Winongo Yogyakarta yang akan ditata ulang. Penataan ini menggunakan dana bantuan pemerintah pusat.

Ketua Forum Kawasan Winongo Asri (FKWA) Oleg Johan mengatakan, 10 titik penataan di sepanjang Sungai Winongo tersebut ada di  Kelurahan Bener, Tegalrejo, Pringgokusuman, Pakuncen, Ngampilan, Wirobrajan, Patangpuluhan, Suryowijayan, Notoprajan dan Bumijo.

"Bantuan dari pemerintah pusat melalui Pemkot untuk penataan di kawasan Sungai Winongo ini sekitar Rp 24 miliar. Rencana penataan dengan konsep Ruang Terbuka Hijau (RTH)," katanya, Senin (16/3).

Dia mencontohkan seperti penataan yang akan dilakukan di Kelurahan Bener. Disana akan dibuat RTH sebagai percontohan yang dilengkapi fasilitas seperti tempat sampah, penyediaan air bersih sampai area bermain serta jalan menuju lokasi kawasan bantaran sungai tersebut.

Begitu pula di RW 10 Patangpuluhan yang akan mendirikan rumah edukasi dengan konsep RTH dan fasilitas bermain anak. Jalan ke lokasi tersebut juga akan dibenahi. Saat ini pihaknya terus melakukan identifikasi lahan yang akan ditata. Pemetaan kebencanaan di sepanjang Sungai Winongo yang dibantu Fakultas Geografi UGM juga sudah dilakukan.

“Saat ini sedang ada pembenahan dan penyesuaian di lokasi. Informasinya bulan April ini harus sudah mulai dikerjakan,” ujarnya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement