Ahad 15 Mar 2015 17:40 WIB

Spesies Ikan Baru Ditemukan di Anambas

Peta Anambas.
Foto: Google
Peta Anambas.

REPUBLIKA.CO.ID, TANJUNGPINANG -- Peneliti dari organisasi Konsultan Internasional menemukan satu spesies ikan yang baru di perairan Kabupaten Kepulauan Anambas. Hal itu diungkapkan Kepala Bidang Pengelolaan Sumber Daya Kelautan Perikanan Dinas Kelautan dan Perikanan Kepulauan Riau (DKP Kepri Ediwan.

"Bentuk spesies itu sama seperti ikan pedang, dengan ukuran sekitar 10 cm ditemukan di dasar perairan Anambas oleh para peneliti belum lama ini," ujarnya di Tanjungpinang, Ahad (15/3).

Dia menjelaskan saaat ini belum diberi nama. Spesies baru itu tidak pernah ada di perairan lain di Indonesia maupun negara lain.

Ikan ini diduga mengonsumsi "detritus" atau sampah-sampah nabati di dasar laut. Ikan itu memiliki beragam spesies, namun populasinya sedikit.

"Kami menduga perairan Natuna dan Anambas itu memiliki spesies ikan yang baru cukup banyak. Ini yang menjadi daya tarik peneliti," ucapnya.

Ediwan mengemukakan peneliti dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) dan Kementerian Kelautan dan Perikanan. Pihak Kementerian Kelautan dan Perikanan akan memberi nama terhadap spesies baru yang ditemukan peneliti dari Konsultan Internasional tersebut. "Sekarang masih ditangani peneliti dari Kementerian Kelautan dan Perikanan," tuturnya.

Menurut dia, Kepri memiliki keanekaragaman hayati di perairan yang cukup banyak. Namun, dalam beberapa tahun terakhir menjadi berkurang akibat pencemaran di perairan di Kepri.

Konsultan Internasional merupakan organisasi nasional, yang bekerja sama dengan organisasi internasional dan pemerintah asing. Organisasi itu mendapat bantuan asing untuk melakukan penelitian. "Organisasi ini juga bekerja sama dengan Pemerintah Anambas dan Kementerian Kelautan dan Perikanan," tambahnya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement