Selasa 10 Mar 2015 12:52 WIB

Bantuan Dana akan Menyehatkan Parpol

Rep: c 26/ Red: Indah Wulandari
Indra J Piliang (kanan) dalam diskusi polemik di Jakarta, Sabtu (12/10).
Foto: Republika/Prayogi
Indra J Piliang (kanan) dalam diskusi polemik di Jakarta, Sabtu (12/10).

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Wacana pemerintah untuk memberikan bantuan bagi partai politik dinilai akan menyehatkan parpol.

"Tujuannya bukan untuk meminimalisir korupsi, sih sebenarnya, tapi untuk menyehatkan parpol," ujar politisi Partai Golkar Indra J. Piliang, Selasa (10/3).

 

Ia mengatakan saat ini parpol menjadi ajang pertarungan orang-orang yang ingin mendapatkan kekuasaan. Kemudian, setelah berkuasa dia ingin mendapatkan kekayaan untuk menggantikan modalnya selama mengurus partai.

Dana ini dikeluarkan masing-masing partai lewat iuran anggotanya.

 

Oleh karena itu, menurut Indra, bantuan pemerintah ini akan mendukung kegiatan parpol. Anggota parpol tidak perlu iuran besar-besaran untuk menjalankan sebuah program. Parpol adalah tulang punggung kemajuan negara sehingga bantuan pemerintah sudah menjadi haknya.

 

Nantinya, orang-orang yang masuk partai tidak perlu memikirkan dana yang harus diberikannya. Mereka yang ingin berpartisipasi di parpol memang orang yang benar-benar berkomitmen membangun negara Indonesia.

 

Sebelumnya wacana ini dikeluarkan Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo agar parpol diberikan dana bantuan oleh pemerintah. Dana tersebut rencananya sebesar Rp 1 triliun.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement