Senin 09 Mar 2015 20:19 WIB

Ke Amerika, Luhut Sampaikan Surat Jokowi untuk Obama

Rep: Halimatus Sa'diyah/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Kepala Staf Kepresidenan Luhut Panjaitan (kanan).
Foto: Antara
Kepala Staf Kepresidenan Luhut Panjaitan (kanan).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kepala Staf Kepresidenan Luhut Binsar Panjaitan baru saja kembali ke Tanah Air usai kunjungan kerja ke Amerika Serikat. Menurut Luhut, salah satu tugasnya di Amerika adalah menyampaikan surat dari Presiden Jokowi untuk Presiden Obama.

Mantan menteri perindustrian dan perdagangan tersebut menjelaskan, mulanya ia datang ke Amerika untuk memenuhi undangan menjadi pembicara di Harvard Business School, Boston. Setelah itu, ia melanjutkan perjalanan ke Washington untuk menyampaikan amanat dari presiden.

"Saya ke Washington bawa surat Presiden Jokowi ke Presiden Obama. Terus saya ketemu Kepala Pusat Keamanan Amerika Susan Rice," ucap Luhut sesaat sebelum meninggalkan kantornya di Gedung Bina Graha, Senin (9/3).

Meski demikian, ia enggan menjelaskan lebih detail terkait isi surat tersebut. Namun, Luhut tak membantah saat ditanya apakah surat itu berkaitan dengan rencana kunjungan Jokowi ke Negeri Paman Sam pada Juni mendatang.

"Ya macam-macam lah," kata dia.

Selama berada di Amerika, Luhut mengaku ditemani oleh Duta Besar Indonesia yang ada di sana. Bahkan, pertemuannya dengan pejabat Gedung Putih juga diatur oleh duta besar. Sehingga, ia menolak jika dikatakan kunjungannya ke Amerika telah melangkahi menteri luar negeri.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement